Home / DAERAH / OGAN KOMERING ILIR / RKPD OKI 2020 Ada 4 Bidang 3.534 Program Kegiatan.

RKPD OKI 2020 Ada 4 Bidang 3.534 Program Kegiatan.

Kayuagung OKI, Pelita Sumsel – Hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang-RKPD) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Tahun 2020 ada 4 (Empat ) Bidang dengan beberapa program kegiatan.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) OKI, Makruf, CM, S.Ip, MM pada acara penutupan Musrenbang RKPD Kabupaten OKI tahun 2020, di Aula Kantor Bappeda OKI, rabu (27/03/2019).

Makruf menjelaskan, di tahun 2020 ada 4 Bidang yaitu, Bidang Ekonomi, Bidang Fisik dan Prasarana, Bidang Sosial Budaya serta Bidang Pemerintahan.

Lebih lanjut dijelaskannya, keempat bidang tersebut memiliki 3.534 program kegiatan. Yaitu, bidang ekonomi 501 program kegiatan, bidang fisik dan prasarana 2.598 program kegiatan, bidang sosial budaya 147 program kegiatan, serta bidang pemerintahan 354 program kegiatan.

“Semua program kegiatan tersebut diusulkan pendanaannya dari APBD Kabupaten OKI tahun 2020, dengan dana Rp, 1.277.539.597.420,”jelasnya.

Menurutnya, penyusunan RKPD tersebut berdasarkan peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah. Lalu, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang RPJPD, RPJMD serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

“Hasil Musrenbang RKPD kita inilah yang menjadi pedoman dan acuan dalam kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) serta APBD OKI tahun 2020 oleh tim anggaran pemerintah daerah. Dan, akan dibahas dengan badan anggaran DPRD Kabupaten OKI,”ungkapnya.

Sementara sambutan Bupati OKI, Iskandar SE yang disampaikan oleh Sekda OKI H Husin, S.Pd, MM, mengatakan, RKPD merupakan kewajiban pemerintah demi ke berlansungan pembangunan yang telah dilaksanakan saat ini.

Tujuannya, untuk mewujudkan visi pemerintahan Kabupaten OKI. Yaitu, terwujudnya masyarakat OKI yang lebih maju, mandiri dan sejahtera (mandira) berlandaskan iman dan taqwa. Lalu, disinkronisasikan dengan visi Bangsa Indonesia yaitu, terwujudnya Indonesia Berdaulat (mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong) serta visi Provinsi Sumsel yaitu, Sumsel maju untuk semua.

“Program kegiatan yang telah kita susun tersebut juga memperhatikan asas pemerataan pembagunan. Strategi ini dalam rangka, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten OKI,”ujarnya.(sahilin)

Bagikan Ini Di :