Gambar_Langit Gambar_Langit

Bekali Anak-naka Kampung Pulokerta dengan Paham Pancasila

waktu baca 2 menit
Minggu, 10 Mar 2019 21:16 0 129 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel- Kebahagiaan anak-anak yang tinggal di Kampung Pulokerto dan Kampung Sungai Rengas cukup terlihat, Ahad (10/3). Meski badan lelah setelah mengunjungi sejumlah lokasi wisata di Kota Palembang, anak-anak ini tetap semangat saat tiba di Kolam Renang Garuda Kodim 0418/Palembang. Lokasi ini merupakan tempat terakhir setelah empat wisata lainnya yang dikunjungi seperti Museum Bala Putra Dewa, Jembatan Ampera, Monpera, Jakabaring Sport City.

Di halaman kolam renang, anak-anak diajak makan siang bersama dan diberikan motivasi oleh Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 Kodim 0418/Palembang, Letkol Inf Honi Havana, M.MDS.

Selain itu, anak-anak yang berada di pinggiran Kota Palembang ini juga diberikan buku saku terkait Butir Butir Pancasila. Diharapkan motivasi dan buku saku tersebut bisa menanamkan wawasan kebangsaan sejak dini serta menumbuhkan jiwa nasionalisme kepada anak-anak.

“Saya dulu juga bukan orang kota, saya berasal dari desa. Walaupun tinggal di pinggiran, jangan putus asa untuk meraih cita-cita. Gapai cita-cita pun dengan prestasi,” terang Lektol Honi.

Sementara itu, kunjungan yang dikemas dengan acara City Tour Karya Wisata Kebangsaan diikuti 81 anak yang tinggal di Kampung Sungai Rengas dan Kampung Pulokerto. Anak-anak ini didampingi oleh sejumlah anggota komunitas di Kota Palembang seperti Komunitas Berani Bergerak, Konunitas Pencinta Sedekah, Komunitas Sahabat Belajar Indonesia dan Konunitas Ketimbang Ngemis.

Dansatgas TMMD ke 104 Kodim 0418/Palembang Letkol Inf Honi Havana, M.MDS menjelaskan, kegiatan City Tour Karya Wisata Kebangsaan dilatarbelakangi adanya laporan masyarakat dan komunitas yang mengusulkan anak-anak untuk diajak keliling Kota Palembang. Mengingat, sebagian besar anak-anak di Pulokerto belum banyak yang mengunjugi ikon Palembang.

“City Tour Karya Wisata Kebangsaan ini bagian dari kegiatan non fisik TMMD ke 104 Kodim 0418/Palembang. Kegiatan mengunjungi ikon Palembang ini kita lakukan dengan penuh kegembiraan. Harapannya anak-anak bisa menambah pengetahuan mereka terhadap tempat bersejarah di Kota Palembang,” ujarnya.(tet)

LAINNYA