Gambar_Langit Gambar_Langit

Memasuki Musim Kemarau, Pemkab OKU Timur Gelar Apel Kesiap Siagaan

waktu baca 2 menit
Kamis, 28 Feb 2019 14:56 0 132 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dengan elemen terkait menggelar Apel Kesiap Siagaan Personil dan Peralatan Penanggulangan Bencana. Kamis, (28/02) di Halaman Kantor Pemkab OKU Timur.

Peserta Apel yang hadir diantaranya unsur dari TNI/Polri petugas Sat PolPP, Damkar Dishub serta dari PT Musi Hutan Persada (MHP) dan peserta lainnya.

Bupati OKU Timur H.M Kholid Mawardi, S.Sos bertindak langsung sebagai Pembina Apel.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, saat ini OKU Timur diprediksi mendekati musim kemarau, untuk itu pihak terkait untuk mempersiapkan langkah-langkah antisipasi sedini mungkin untuk memperkecil terjadinya bencana. Dirinya menerangkan, di OKU Timur terdapat 3 jenis potensi bencana. Pertama Bencana Banjir, Angin kencang dan Kebakaran Hutan serta lahan.

“3 bencana ini sudah kita prediksi lokasinya. Banjir biasanya menghampiri sepanjang wilayah jalur Komering dan dan sungai macak. Untuk potensi bencana angin kencang itu di wilayah Martapura ke arah timur. Sedangkan untuk hutan itu potensi di hutan perusahaan,” katanya.

Menurutnya, untuk wilayah yang biasa terkena banjir ini memang lokasi wilayahnya rendah. Kebakaran rumah warga juga biasanya disebabkan oleh instalasi listrik yang sudah termakan usia. Untuk itu perlu kewaspadaan lebih dini untuk mengantisipasi bencana kedepan. Dikatakannya, iklim cuaca di 2019 kedepan diprediksi kemarau akan lebih panjang dibandingkan dengan kemarau di 2018 lalu.

“Saya perintahkan unsur terkait dan stakeholder untuk mengakomodir baik itu peralatan maupun Logistik. Tingkatkan kewaspadaan dan siap siaga,” katanya.

Sebelumnya juga Pemkab OKU Timur bersama masyarakat telah bergotong-royong untuk membantu meringankan beban korban banjir di sungai macak. Diantaranya memberikan bantuan beras dan kebutuhan bahan pokok lainnya. (fah)

LAINNYA