Gambar_Langit

BNN Sosialisasi ke Yonkav 5 /DPC

waktu baca 2 menit
Rabu, 27 Feb 2019 23:04 0 111 Admin Pelita

Muara Enim, Pelita Sumsel –  Seluruh prajurit Yonkav 5/Dwi Pangga Ceta (DPC) Karang Endah menerima sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Prabumulih, pada Rabu (27/2/2019).

Pelaksanaan Sosialisasi dan Uji Petik P4GN yang digelar di Aula Markas Batalyon Kavaleri Karang Endah tersebut diisi langsung oleh Kepala BNN Kota Prabumulih Ibnu Mundzakir Ssos MSi dihadiri juga oleh Komandan Batalyon Kavaleri 5/DPC Karang Endah, Letkol Kav Shawaf Al Amien, SE dan seluruh prajurit Yonkav 5/DPC Karang Endah.

Kepala BNN Kota Prabumulih Ibnu Mundzakir, S. sos, M. Si menjelaskan tentang pemahaman narkoba, penyalahgunaan serta dampak negatif yang ditimbulkan dari narkoba. Dampak tidak langsung yang ditimbulkan yakni menghamburkan uang untuk hal-hal yang bersifat negatif, membuat malu keluarga, hilangnya kesempatan untuk melanjutkan pendidikan, tidak dipercaya orang lain dan hilangnya percaya diri.

“Lebih mudah berbohong dan melaksanakan tindak kriminal, maupun menjalani kehidupan yang dilarang oleh agama,” ujar Ibnu dihadapan seluruh prajurit TNI tersebut.Ia pun menjelaskan dampak langsung bagi tubuh dari penggunaan narkoba yakni gangguan jantung, otak, tulang, pembuluh darah, kulit, saraf, sistem pencernaan serta dapat terinfeksi HIV AIDS, hepatitis, herpes maupun TBC.“Sedangkan bagi mental, dampak langsung narkoba yakni depresi mental, gangguan jiwa berat serta bunuh diri,” kata dia.

Sementara itu, ratusan prajurit Yonkav 5/DPC Karang Endah tersebut, selain menerima penjelasan tentang narkoba juga melaksanakan uji petik pengecekan urine.

Ratusan personel Yonkav 5/DPC Karang Endah itu pun selanjutnya melaksanakan uji petik termasuk personel penegak disiplin satuan, yakni regu Provost. Diketahui, dari hasil uji petik tersebut tidak ada prajurit yang terindikasi narkoba alias nihil.

“Kegiatan Sosialisasi P4GN sekaligus uji petik tes urine yang dilakukan ini adalah langkah konkret yang dilakukan oleh Satuan Yonkav 5/DPC untuk berperan aktif dalam upaya pemberantasan narkoba, serta sebagai upaya pencegahan secara dini terhadap dampak negatif yang ditimbulkan oleh narkoba,” ungkap Letkol Kav Shawaf Al Amien,SE.(JNF)

LAINNYA