Gambar_Langit

Rebut Suara, Kuncinya Silahturahmi dengan Calon Pemilih

waktu baca 2 menit
Rabu, 30 Jan 2019 12:50 0 161 Redaktur Pelita Sumsel

Baturaja, Pelita Sumsel – Salah satu kunci sukses dalam merebut hati pemilih adalah bertemu langsung dan silahturahmi antara kandidat dengan konstituen atau calon pemilih.

Pengamat Politik Sumsel Bagindo Togar, mengatakan banyak cara yang elegan dan baik dalam merebut suara rakyat salah satunya adalah dengan menyapa bertemu langsung atau silhturahmi dengan pemilih.

“Silahturahmi kandidat dengan pemilih itu penting untuk menjalin ikatan emosial mereka,”katanya.

Tapi kata Ketua Forum Demokrasi Sumsel ini walaupun kekuatan silahturahmi ini murah dan jelas hasil namum tak banyak dilakukan peserta pileg.

“Mereka lebih memilih mengirim wakil dari pada kandidat langsung, “katanya.

Untuk itu dia menyarankan kandidat bisa terjun pada kantong basis massa untuk penguatan kembali.

Ia menyarankan terutama Caleg petahana untuk melakukan ini agar lebih efektif dan intens melakukan konsolidasi yang menjadi representasi daerah pemilihannya, sehingga kelak terukur tingkat elektabilitas yang ingin diraih oleh si calon legislator.

Aktifitas Silahturahim serta Serap aspirasi ini menjadi Penting, khususnya bagai caleg Inkamben, sehingga ragam janji yang termaktub dalam fungsi, tugas dan tanggung jawab Badan Legislatif bisa menjadi muatan kontrak politik terhadap masyarakat.

Soal silahturami dengan masyarakat salah satu strategi jitu dibenarkan oleh Ketua DPRD Sumsel M A Gantada . Dan model ini yang ia lakukan selama ini.

“Silahturahmi itu kekuatan dan saya meyakini itu bisa merebut pemilih,”kata Gantada Caleg DPR RI dari PDIP Dapil Sumsel II.

Ia mencontohkan dirinya harus bertemu dengan tokoh-tokoh Lubuk Batang padahal dia sendiri berasal dari sana.

“Walau saya berasal dari sana saya masih perlu kesana untuk memastikan dan penguatan,”katanya.

Dia mengatakan silahturahmi juga untuk mengetahui sejauhmana tingkat ketertarikan orang terhadap diri kandidat.

Namun, menurut Gantada, walau mudah silahturami tetapi caleg tidak banyak melakukannya karena cara ini ada kendala antara lain luasnya jangkauan daerah pemilihan sehingga membutuhkan waktu yang cukup dan dana tidak sedikit.(ril)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA