Gambar_Langit

Munas PB Perbakin XVIII 2018, Alex Noerdin: Kepercayaan Dan Kehormatan Yang Diterima Nanti Harus Dipertanggungjawabkan

waktu baca 3 menit
Minggu, 2 Des 2018 09:46 0 91 Admin Pelita

Jakarta, Pelita Sumsel – PB Perbakin (Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia) menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas) di Jakarta, 30 November hingga 2 Desember.

Munas ini juga menjadi momen untuk memilih Ketua Umum dan kepengurusan PB Perbakin periode 2018-2022, rencananya pemilihan akan dilakukan pada hari Minggu siang (2/12).

Pelaksanaan Munas yang merupakan amanat dari AD/ART Perbakin yang harus dilaksanakan setiap satu kali dalam empat tahun dengan mengagendakan laporan pertanggungjawaban pengurus atau pemilihan ketua umum baru periode 2018-2022.

Mantan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Alex Noerdin, terlihat hadir sebagai peninjau. Mengutarakan, siapa pun pengurus yang terpilih nantinya, diimbau untuk dapat melaksanakan amanah dan tugas serta tanggung jawab dengan baik.

Lanjutnya, Perbakin ini merupakan suatu organisasi yang mengemban misi, membina organisasi, administrasi, sarana dan prasarana guna meningkatkan prestasi olahraga menembak. Hal ini pula untuk mengangkat harkat, martabat dan kehormatan bangsa serta meningkatkan kesatuan dan persatuan bangsa.

“Kepercayaan dan kehormatan yang diterima nanti harus dipertanggungjawabkan. Karena itu, mari kita tingkatkan latihan dan kompetisi atau apa pun di sini dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan bersama,” pungkas Alex.

Informasi yang berhasil didapatkan, ada tiga kandidat calon Ketua PB Perbakin, yakni Kabulog Komjen Pol Budi Waseso (Ketua Bidang Berburu PB Perbakin), Japto Soerjosoemarno (Ketua Harian PB Perbakin) dan incumbent Bambang Trihatmodjo (Bambang Tri).

Ketiganya masing-masing  memiliki visi dan misi yang berbeda. Menurut Bambang Tri, siapa pun yang kelak terpilih nanti harus bisa memberikan perkembangan yang lebih baik dari kepengurusan sebelumnya.

“Sejujurnya saya tidak berambisi lagi menjadi ketua, tapi masih banyak suara Pengprov yang menginginkan saya. Namun demikian kita serahkan saja semuanya di Munas nanti,” kata Bambang kepada wartawan sebelum pembukaan Munas, Sabtu (1/12) pagi.

Bambang melanjutkan, jika ia tidak terpilih, dirinya berharap ada pengganti lebih baik darinya, karena figur ketua terpilih sudah selayaknya dapat membawa olahraga menembak semakin baik, makin menunjukkan prestasi gemilang bagi para atletnya dan semakin berkembangnya turnamen menembak di tanah air untuk regenerasi atlet.

“Saya berharap Perbakin harus lebih dari sebelum-sebelumnya. Sebab  menembak adalah cabor Olimpiade, artinya banyak mempertandingkan nomor-nomor. Sehingga peluang kita lebih besar mendapat medali di ajang multi event,” tandas Bambang Tri.

Sementara itu, KONI Pusat ikut memberikan tanggapan soal siapa yang lolos verifikasi sebagai calon ketua di Munas.

“Kebiasaan kita saat ini adalah seorang calon lolos tidaknya berdasarkan Tim Penjaringan. Sebenarnya kita serahkan saja kepada peserta Munas. Biar pemilik suara yang menentukan,” tegas Mayjen TNI Dody Usodo Hargo. S. Wakil III Ketua Umum KONI Pusat.

“Kita serahkan semua ke PB Perbakin untuk menyelesaikan Munas dengan baik. Semoga ini menjadi perkembangan PB Perbakin ke depan. Siapapun yang terpilih kelak itu adalah yang terbaik hasil Munas Perbakin,” katanya.

Untuk diketahui Munas kali ini dihadiri 34 Pengprov ditambah satu PB, dan hanya satu suara per Pengprov yang berhak berikan suara, sehingga suara menjadi 34 plus 1 suara dari PB. (*)

LAINNYA