Gambar_Langit

18 Destinasi Wisata Palembang, Minim Pemandu

waktu baca 2 menit
Senin, 10 Sep 2018 13:47 0 157 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Himpunan Pramuwisata Indonesia(HPI) Kota Palembang, membuka peluang bagi setiap elemen masyarakat, yang mau bergabung untuk menjadi touris guide atau pemandu wisata disetiap destinasi wisata yang ada di Kota Palembang.

Seperti yang dikatakan, Ketua HPI kota Palembang, Muhammad Erfandi, saat di temui Pelitasumsel di Kantor Dinas Pariwisata Kota Palembang, Senin (10/9).

“HPI Kota Palembang ini, Adalah Asosiasi yang menaungi guide-guide yang ada dikota Palembang, di bentuk Akhir 2017, dibawah naungan Dinas Pariwisata Kota Palembang,” ujarnya.

Fandi mengatakan tujuan dibentuknya HPI ini tidak lain untuk membantu Dispar Kota Palembang, untuk lebih mengenalkan Destinasi wisata yang ada di Kota Palembang di dalam perjalanannya yang baru seumur jagung, HPI sudah memiliki sekitar 100 pemandu, yang siap mendampingi wisatawan yang mau melancong mengunjungi Kota Palembang.

“Siapapun bisa masuk kedalam HPI, yang penting dia punya semangat untuk mengenalkan kota Palembang,” ujarnya.

Untuk prosesnya nanti, lanjut Fandi menambahkan, cukup mendaftar langsung di kantor Dinas Pariwisata di jalan H. Wahidin setiap hari kerja, kemudian pihaknya akan meregristasi dan memberikan lisensi dari Dispar Kota Palembang.

“Nantinya kita akan berikan lisensi, setelah calon guide mengikuti pelatihan-pelatihan yang rutin kita lakukan,” ucap Fandi.

Fandi menambahkan sebenarnya ada sekitar 70an destinasi wisata di Kota Palembang, cuma yang pihaknya fokuskan sementara di 18 titik wisata dahulu, yakni red carpet seperti yang di sebut Kadispar, Isnaini Madani.

“Sebenarnya kita masih kurang tenaga guide yang memang punya keahlian di bidangnya, baik itu bahasa asing dan yang tahu tentang sejarah dari destinasi wisata tersebut,” ujarnya.

Fandi berharap, kedepannya akan banyak orang-orang yang mau menjadi pemandu wisata dan pihak-pihak lain seperti ojek online dan pengkolan, karena sebenarnya ditangan kita semua kewajiban itu berada, untuk mengenalkan aset-aset wisata kota Palembang.

“Mungkin nantinya, kita akan tawarkan untuk abang-abang ojek online atau pengkolan untuk menjadi pemandu wisata,” pungkasnya.

 

LAINNYA