Gambar_Langit

Jurnalis Lokal Kembangkan Sisi Lain di Asian Games

waktu baca 2 menit
Selasa, 14 Agu 2018 21:04 0 93 Redaktur Pelita Sumsel

Palembang, Pelita Sumsel-Asian Games 2018 tinggal hitungan hari, untuk mempromosikan Asian Games para Jurnalis tidak hanya bicara soal medali namun aspek diluar pertandingan dan peran jurnalis lokal sebagai penyambung berita dan membawa nama baik Indonesia

Hal ini disampaikan Dosen UIN Raden Fatah Dr Yenrizal saat Diskusi dan Peliputan Meliput Asian Games dengan tema Apa Hanya Tentang Medali Emas? Dilaksanakan Forum Jurnalis Musi Mengalir di Rumah Sriksetra, Plaju Palembang, Selasa (14/08).

“Ini dapat dilihat sisi positif bagaimana menyampaikannya kepada masyarakat, Kita berharap sisi lain dari Asian Games diangkat oleh jurnalis misalnya soal sampah dan UMKM, kenyamanan yang mungkin tidak menjadi perhatian panitia. Diskusi ini diharapkan sisi positif Asian Games kita promosikan , ” Ungkapnya.

Dia menjelaskan, jika merujuk ke sejarahnya, Palembang pernah menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya yang menjadi wilayah yang selalu ingin dikunjungi dan didiami oleh berbagai suku bangsa di Asia. Ini pula yang menjadikan inspirasi dalam melihat Asian Games di Palembang.

Karena itu, pesta olahraga ini hendaknya bukan hanya tentang olahraga namun juga dilihat dari unsur lainnya, seperti budaya, ilmu pengetahuan, teknologi, ekonomi, sosial, lingkungan, seni tradisi dan lainnya.

Sementara itu, Wartawan Senior Maspril memandang bahwa diskusi ini sangat penting karena Asian Games merupakan liputan olahraga multi even, sehingga lebih beragam isu yang bisa diangkat. “Selama ini informasi yang dimuat adalah skor menang dan kalah. Melalui diskusi ini bukan hanya meliput pertandingan namun juga tentang kegiatan Asian Games yang memberikan nilai tambah Sumsel. Sehingga meperluas perspektif, tidak hanya pertandingan tapi juga teman-teman jurnalis bisa mengeksplore diluar lapangan tapi juga diluar lapangan,” pungkasnya.(yf)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA