Gambar_Langit

Jajal LRT Pertama di Indonesia 

waktu baca 2 menit
Senin, 23 Jul 2018 22:13 0 91 Redaktur Pelita Sumsel

Reporter: Faldi “Fly” Lonardo

PALEMBANG, Pelita Sumsel- Uji operasional Light Rail Transit (LRT) sekaligus ajang sosialisasi transportasi modern pertama di Indonesia, sukses dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel Nasrun Umar Senin, (23/07).

Selanjutnya untuk tahap awal, masyarakat Provinsi Sumsel khususnya Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri mendapat kesempatan mencoba transportasi baru tersebut dengan gratis.

Uji operasional LRT ini sendiri rutenya melintas dari Stasiun OPI Mall sampai Stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, kemudian dari Stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II menuju Stasiun OPI Mall.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel Nasrun Umar menuturkan, LRT ini merupakan sejarah pertama kali di Provinsi Sumsel khususnya Kota Palembang yang melaksanakan uji coba langsung. Ia mengaku, uji coba ini pula ditujukan sebagai ajang sosialisasi bagaimana menjadi penumpang LRT.

“Mulai hari ini yang menjadi focus kita adalah PNS, TNI, Polri yang akan kita gratiskan sampai dengan 31 Juli. Harapan kita itu menjadi sosialisasi yang bisa memberikan satu pengetahuan, bagaimana cara menaiki LRT yang benar, bagaimana tertib sebagai penumpang yang benar dan sebagainya,” tuturnya.

Menurutnya, LRT ini adalah sarana transportasi dimana infratrsuktur yang akan mengubah kultur. Untuk tahap pertama Nasrun mengatakan hanya dua stasiun yang diberlakukan yakni stasiun ujung dan pangkal SMB II dan OPI Mall.

“Yang tadinya mungkin disana sini tidak ada kedisiplinan menjadi lebih disiplin, LRT direncanakan beroperasi pukul 05.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB,” tambahnya.

Nasrun berpesan kepada masyarakat untuk dapat bersama-sama, menjaga tranportasi yang menjadi kebanggaan tersebut.

“Sama- sama kita rasakan Alhamdulillah semua lancar dan nyaman, mari kita jaga sama-sama, tanggung jawab serta kewajiban kita,” pungkasnya.

Editor: Wawan Hasbuan

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA