Gambar_Langit Gambar_Langit

Lapor Online, Aja !

waktu baca 2 menit
Minggu, 15 Jul 2018 10:05 0 124 Redaktur Pelita Sumsel

Palembang, Pelita sumsel – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyelenggarakan sosialisasi tentang Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) di Kambang Iwak, mengambil tema #GerakanSadarLAPOR, minggu(15/7).

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin melalui Asisten Bidang Administrasi dan umum Pemprov Sumsel, Edwar Juliarta mengatakan dengan adanya acara ini dapat memperkenalkan SP4N-LAPOR! sebagai kanal pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional berdasarkan Peraturan Menteri PANRB No 3 tahun 2015 pada masyarakat Sumatera Selatan.

“Kegiatan sosialisasi ini juga diselenggarakan serentak di tujuh kota di Indonesia yakni Jakarta, Makassar, Surabaya, Bandung, Cirebon, Banjarmasin dan Palembang yang bertujuan untuk meningkatkan peran aktif masyarakat dalam membantu pembangunan pelayanan publik yang baik,” ungkap Edwar.

Kepala Dinas Kominfo Sumsel, Inanda Kirana mengatakan menegaskan SP4N-LAPOR! adalah sebagai sarana menyampaikan aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang dijalankan dengan prinsip mudah, terpadu, dan tuntas dengan dikelola dan dikembangkan oleh Kementerian PANRB bersama Kementerian Dalam Negeri, Kantor Staf Presiden dan Ombudsman RI.

“Apabila masyarakat sudah mengenal LAPOR ini, diharapkan bisa memanfaatkan kanal tersebut untuk melakukan pengaduan,”lanjutnya.

Inanda menyampaikan, aspirasi dan pengaduan masyarakat dapat melalui sarana berikut yakni situs www.lapor.go.id, sms ke 1708, mobile apps LAPOR! (Android), kalau melewati twitter @LAPOR1708 dengan menyertakan tagar #lapor dan saluran pengaduan lain yang telah diintegrasikan.

“Uraikan secara jelas laporan,buat waktu kejadian, gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sertakan bukti laporan,”lanjutnya.

Senada dengan Ketua Ombudsman Sumsel, M.Adrian Agustiansyah.SH dengan gerakan ini bisa membantu kerja ombudsman dalam pengawasan pelayanan publik.

“Harapan saya masyarakat Sumsel bisa menggunakan aplikasi ini untuk melaporkan kenerja pelayanan publik demi peningkatan pelayanan itu sendiri,”pungkasnya. (Fly)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA