Gambar_Langit

316 Cagar Budaya Perlu Perhatian

waktu baca 2 menit
Kamis, 12 Jul 2018 14:48 0 105 Redaktur Pelita Sumsel

Palembang, Pelita Sumsel-Melihat dari potensi cagar budaya yang ada di Palembang sangatlah besar, dimana Palembang merupakan salah satu Kota tua dari zaman 1300 tahun lalu yang banyak menyimpan peninggalan cagar budaya yang mesti di lestarikan.

“Dimana masyarakat yang tinggal di Palembang masih banyak yang belum tahu apa itu yang namanya cagar budaya, Melihat potensi itu, untuk itu perlu yang namanya pemahaman bagi masyarakat agar dapat melestarikan cagar budaya itu agar tetap terpelihara, dengan cara mendaftarkan ke pihak yang bersangkutan khususnya dinas kebudayaan yang ada di Palembang, “ujar Asisten III Bidang Administrasi dan keuangan Sekda Kota Palembang Ir. Agus Kelana, MT saat sosialisasi cagar budaya 2018, di The 101 Hotel Palembang Rajawali. Jln. Rajawali No. 18, 9 Ilir, Ilir Timur II Palembang, Kamis (12/07).

Dimana, lanjut Agus Kelana mengatakan, Ada lebih kurang 316 cagar budaya yang saat ini terdata dan tercatat dalam dinas kebudayaan Kota Palembang. Melihat dari nilai ini sangatlah minim, karena cagar budaya yang ada di Palembang ini sangat banyak untuk itu peran serta dari masyarakat sangatlah penting.

“Mudah – mudahan dengan adanya sosialisasi ini dapat menimbulkan rasa dan kepedulian masyarakat akan melaporkan dan mendaftarkan tempat – tempat yang di sinyalir memiliki cagar budaya yang petut kita lestarikan, “katanya.

Karena tidak hanya dari segi bangunan yang sifatnya lebih dari 50 tahun, baik itu bangunan, ataupun benda, cagar budaya itu bisa dilihat dari struktur bahasa, kesenian, makanan, dan tarian itu juga bisa di sebut juga dengan budaya.

Senada dengan Agus Kelana, Kepala Pusat Unggulan Sriwijaya Ir. Aris Siswanto mengatakan, cagar budaya itu tidak terbatas dari berumur 50 tahun.

“Tidak berupa benda, ataupun bangunan cagar budaya itu bisa kita lihat dari makanan, bahasa, tarian, dan kesenian itu bisa juga disebut dengan budaya itu juga dapat kita lestarikan. Karena berkaitan dengan Palembang.

Melihat Palembang merupakan Kota tua. Untuk itu cagar budaya ini patut di lestarikan, supaya apa yang akan di tanyakan oleh anak cucu “kita nanti dapat terjawab karena apabila cagar budaya ini benar – benar kita lestarikan dan kita pelihara. Palembang yang dikenal sebagai Kota tua dapat di buktikan dengan banyaknya cagar budaya yang kita lestarikan, “pungkasnya. (Dd)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA