Gambar_Langit

PT. KAI Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 1439

waktu baca 3 menit
Selasa, 5 Jun 2018 19:18 0 92 Redaktur Pelita Sumsel

PALEMBANG, Pelita Sumsel – Dalam rangka menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1439 H Tahun 2018, hari ini PT Kereta Api Indonesia (Persero) Devri III Palembang mengadakan Upacara Gelar Pasukan di Halaman Stasiun Besar Kartapati.

Dimana masa angkutan lebaran tahun ini dimulai dari 5 Juni sampai 26 Juni 2018. Posko angkutan lebaran 2018 ini disiapkan di semua stasiun keberangkatan penumpang KA. dengan tujuan dapat membantu masyarakat yang akan mudik lebaran sehingga masyarakat yang menggunakan jasa kereta api dapat lebih terlayani dengan baik.

“Dalam hal ini kesiapan PT KAI Devri III Palembang dalam masa angkutan Lebaran 2018 manyediakan 59. 444 tempat duduk, dengan 2.702 tempat duduk perharinya untuk relasi Kertapati-Tanjungkarang dan Kertapati-Lubuklinggau di semua kelas. Saat ini tempat duduk yang terjual dari H-IO sampai H+9 Idul Fitri tiket yang terjual sudah sekitar 81%. Kereta kelas ekonomi masih menjadi favorit masyarakat karena dengan harga terjangkau, penumpang merasa nyaman, ac, tidak ada penumpang yang merokok di dalam kereta dan kemudahan dalam membeli tiket,” ujar Kepala Divisi Regional III PT. Kereta Api Indonesia Palembang Hendy Helmy, Selasa (05/06/2018).

Dimana, lanjut Hendy mengatakan, Lonjakan penumpang diprediksi dimulai pada H-5 di setiap jurusan karena sudah memasuki masa anti bersama tiket untuk KA ekonomi Rajabasa dan Serelo telah habis terjual. Untuk kelas eksekutif dan bisnis sudah habis di tanggal-tanggal tertentu sudah habis. Tidak ada kenaikan harga tiket karena untuk tarif kelas eksekutif dan bisnis PT KA memberlakukan tarif batas bawah dan tarif batas atas sedangkan kereta ekonomi tetap mengacu skema PSO dari pemerintah.

“Selama masa angkutan lebaran ini dan untuk memberikan rasa nyaman serta aman, dan titik awal stasiun keberangkatan sampai stasiun tujuan akhir penumpang, PT KAI Divre III menerjunkan sebanyak 391 personal keamanan gabungan untuk menghadapi arus mudik dan balik lebaran tahun 2018. Personel gabungan tersebut dan Personel POM TNI, Brimob, Polsuka dan Security Stasiun,” katanya.

Selain itu untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan lebih lanjut Hendi menuturkan, dalam perjalanan KA, PT KAI Divre III menyiapkan AMUS (Alat Material Untuk Siaga) di sejumlah titik yang rawan bencana longsor / amblas dan banjir terutama menjelang arus mudik dan arus balik PT KAI Divre III Palembang juga menempatkan petugas tambahan pemeriksa jalan rel ekstra, dan petugas flying gang (regu terbang/siaga).

“PT KAI Divre III juga menghimbau kepada calon penumpang untuk tidak memakai perhiasan yang mencolok dan membawa barang bawaan yang berlebihan, karena untuk kenyamanan penumpang ada ketentuan barang yang harus diperhatikan penumpang, yaitu terkait berat barang bawaan. PT KAI membatasi barang bawaan masing-masing penumpang maksimal 20 kg, apabila para calon penumpang membawa barang bawaan melebihi kapasitas masing-masing penumpang akan dikenakan biaya angkut tambahan. Besarnya biaya tambahan sekitar : Rp 10.000 bagi penumpang kelas eksekutif, Rp 6.000 bagi penumpang kelas bisnis dan Rp 2000 bagi penumpang kelas ekonomi,” pungkasya. (Dd)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA