Gambar_Langit Gambar_Langit

Petani Pagaralam Dapat Pelatihan Tingkatkan Standar Mutu Kopi

waktu baca 2 menit
Senin, 4 Jun 2018 17:45 0 110 Redaktur Pelita Sumsel

Pagaralam, Pelita Sumsel – Sebagai wilayah penghasil kopi terbesar di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kota Pagaralam dianggap wilayah dengan produksifitas kopi tinggi setiap tahunnya. Maka, pihak PT Nedcoffee memberikan pelatihan standar kualitas mutu kopi Pagaralam di Gedung pertemuan Hotel Dharma Karya Kecamatan Pagaralam Utara Kota Pagaralam, Sabtu (26/5).

Direktur Utama (Dirut) PT Nedcoffee Rinaldi Hartono selaku narasumber mengatakan, potensi yang dimiliki Kota Pagaralam sebagai daerah penghasil kopi sangat besar. Pihaknya tertarik untuk mengedukasi petani kopi di Kota Pagaralam agar kualitas standar mutu kopi di kota ini menjadi bermutu.
“Sumsel penghasil terbesar kopi diantara provinsi Jambi, Lampung dan Bengkulu, dan daerah yang terbesar penghasil kopi ialah Kota Pagaralam,” kata dia.

Ia menambahkan, peningkatan standar mutu sendiri harus dilakukan pada tingkat petani. Karena petani yang mengelolah mulai dari pertumbuhan pohon hingga menjadi biji kopi.
“Sebenarnya, kalau petani jual kopi dengan kualitas rendah, yang untung itu pembeli, karena pasti ditawar murah. Maka petani sebaiknya jual kopi dengan kualitas bagus, agar daya jual tinggi. Pengelolaannya di pupuk, kalau perlu di sambung biar buahnya lebat, kemudian panennya petik merah, dengan begitu kualitas kopi akan bagus,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Saidi Amrullah SSos MM mengharapakan kegiatan ini masyarakatt pagaralam akan betul betul memperoleh pengetuhuan tentang kopi, sehingga dapat berdampak dengan perbaikan ekonomi di Pagaralam.
“Pemerintah sangat terbantu dengan adanya perbaikan mutu ini, jadi kami mendukung kegiatan ini,” ujarnya. (Ar)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA