Gambar_Langit

Peringati Hari Lahir Pancasila, Sekda Ajak Jaga Perdamaian

waktu baca 2 menit
Sabtu, 2 Jun 2018 03:11 0 94 Redaktur Pelita Sumsel
Palembang-Memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh tanggal 1 Juni, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melakukan upacara. Upacara ini dihadiri Sekretaris Daerah H. Nasrun Umar sebagai pembina upacara yang dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Sumatera Selatan, Kamis (31/5).
Selaku pembina upacara, Nasrun Umar menyampaikan bahwa upacara ini menunjukkan komitmen bersama untuk lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
“Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila pada tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan oleh Bapak Ir. Soekarno, kemudian Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final Pancasila pada tanggal 18 Agustus 1945 adalah jiwa besar pada Founding Fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan sehingga dapat membangun kesepakatn bangsa yang telah mempersatukan kita,” ucapnya di hadapan seluruh peserta upacara.
Disampaikannya lagi, komitmen pemerintah dalam penguatan Pancasila sudah jelas dan sangat kuat, berbagai upaya terus dilakukan. Seperti telah diundangkan pada Perpres Nomor 54 Tahun 2017 tentang Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila, bersama seluruh komponen bangsa lembaga baru ditugaskan untuk memperkuat Pancasila dalam kehidupan sehari-sehari yang terintegrasi dengan program-program pembangunan, baik itu pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan dan berbagai program lainnya yang merupakan bagian dari pengamalan nilai-nilai Pancasila itu sendiri.
Di akhir pidatonya, Nasrun mengatakan bahwa swmua masyarakat Indoensia utamanya Sumsel harus bahu membahu membangun cita-cita bangsa dengan Pancasila. Menyatukan hati, pikiran dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan dan kembali ke jati diri sebagai bangsa yang satu, berjiwa gotong royong, menjadikan bangsa Indonesia bangsa yang adil, makmur dan bermartabat di mata dunia Internasional.
“Sekali lagi, jaga perdamaian, persatuan dan persaudaraan di antara kita semua. Mari kita saling bersikap santun dan menghormati saling toleran dan bahu membahu untuk kepentingan bangsa yg kita cintai ini. Selamat hari lahir Pancasila, kita Indonesia kita Pancasila,” pungkasnya.(ril/fly)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA