Gambar_Langit Gambar_Langit

Akses Terjal dan Ekstrim, Tidak Surutkan KPU OKU Timur Monitoring di Desa Pedalaman 

waktu baca 4 menit
Selasa, 8 Mei 2018 14:35 0 109 Redaktur Pelita Sumsel

Pelita Sumsel, Martapura – Meski akses yang begitu terjal dan ekstrim, tidak menyurutkan tekad Komisi Pemilihan Umum dan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten OKU Timur Untuk memonitoring pemasangan pengumuman Daftar Pemilih Tetap (DPT) di desa yang terbilang terisolir dan terpencil. Yakni di Desa Batu Raja Bungin Dusun saka tujuh dan Talang 40 Kecamatan Bunga Mayang. Selasa, (8/5). Turut ikut dalam monitoring ini, Komunitas CAT, TNI/Polri serta tokoh Masyarakat.

Mulai dari menapaki jembatan gantung karang Agung sungai komring dan menyeberangi sungai saka tujuh dengan menaiki rakit hingga akses jalan yang masih banyak belum teraspal . Semua ini untuk memastikan DPT yang di umumkan di daerah daerah terpencil. Dari data KPU OKU Timur terdapat ada 9 TPS yang wilayahnya tidak dapat di jangkau oleh kenderaan roda 4.

Ketua KPUD OKU Timur H Leo Budi Rachmadi, SE di dampingi Komisioner KPU Aldi Andriansyah, SE saat di wawancarai awak media menegaskan, monitoring di Desa Baturaja Bungin tepatnya di Dusun saka tujuh dan talang 40 ini merupakan bentuk keseriusan KPU OKU Timur untuk memastikan tahapan-tahapan Pilgub berjalannya efektif hingga di Desa terpencil sekali pun. Leo menyebutkan, monitoring ini merupakan Sidak dan tidak menginformasikan ke PPK dan PPS se tempat tujuannya agar bukan hanya acara seremonial semata. Ini memastikan bahwa tahapan Pilgub di 2 dusun ini berjalan efektif.

“Kalau di tempat keramaian atau mudah di akses, itu sudah pasti DPT di pasang oleh petugas kita. Desa Batu raja bungin khususnya 2 TPS ini adalah salah satu desa yang terisolir atau pedalaman, mengingat aksesnya memang ekstrim dan terjal. Maka ini kita pastikan Desa di terpencil pun tahapan Pilgub yakni dalam tahap pengumuman DPT berlangsung efektif,” ucap Leo. Selasa, (8/5).

Leo menambahkan, dari hasil monitoring di 2 TPS ini telah terpasang dengan baik. Di tempat yang strategis. Dikatakannya, selain monitoring, KPU juga memberikan sosialisasi ke masyarakat terhadap seputar pemilu dengan tujuan meningkatkan partisipasi Pemilih. Sehingga masyarakat OKU Timur ini dalam menggunakan hak pilih dengan baik dan benar. Tidak menjadi pemilih yang salah pemilih blanko kosong. Dengan artian masyarakat menggunakan hak pilihnya namun tidak sah.

“Dengan di umumkannya DPT ini, warga dapat mengetahui dan memperhatikan masyarakat yang berhak memilih apakah sudah terdaftar apa belum sebagai pemilih sebaliknya juga yang tidak berhak memilih yang belum memiliki E-KTP atau TNI/Polri yang tidak memilih. Alhamdulillah dari kunjungan kita ini, tokoh Masyarakat, TNI/Polri bahkan komunitas siap ikut mensukseskan Pilgub mendatang. Khususnya di OKU Timur,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Panwaslu OKU Timur Ahmad Ghufron melalui Komisioner Panwaslu Divisi Pengawasan Benny Tenagus mengatakan, Panwaslu ikut monitoring ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam ikut mengawasi jalannya Pilgub mendatang. “Kalau KPU mensosialisasikan untuk meningkatkan Partisipasi pemilih, kita dari Panwaslu mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pengawasan Pemilu,” ucap Benny.

Sementara itu juga, Kades Batu Raja Bungin Ahmad Sopiyan mengucapkan terima kasih atas kunjungan KPU dan Panwaslu OKU Timur beserta rombongan di Desa nya. Dirinya berharap melalui kunjungan ini warganya dapat berpartisipasi dalam Pemilihan mendatang melalui sosialisasi yang telah di sampaikan. “2 TPS ini wilayah yang paling terpencil di antara TPS yang lain di OKU Timur. TPS ini perbatasan dengan Dusun karang menjangan Desa Mendah Kecamatan Jaya Pura. Kita apresiasi atas perhatian dari penyelenggara Pemilu di OKU Timur, telah memberikan perhatian serius terhadap warga kami,” sebut Kades.

Pantauan di lokasi, Desa Batu Raja Bungin memiliki 7 TPS, diantaranya TPS 6 dan 7 dengan jumlah pemilih jumlah 550 pemilih dari 2 TPS tersebut. Jarak yang harus di tempuh dari pusat kecamatan Bunga Mayang ke 2 TPS ini kurang lebih 40 kilo meter yang tidak bisa di tempuh oleh roda 4. Seperti di ketahui sebelumnya KPU OKU Timur telah meraih predikat Partisipasi pemilih  tertinggi dan Pemilih tercerdas di OKU Timur dengan meraih rekor Muri, ini menunjukkan masyarakat OKU Timur sangat cerdas dalam memilih dan tingkat partisipasi dalam menyalurkan aspirasi politik nya cukup tinggi. Usai monitoring di Desa Batu Raja Bungin, KPU OKU Timur beserta rombongan melanjutkan monitoring di Desa Talang Asri dan Desa lainnya di Kecamatan Bunga Mayang. (Fah)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA