Gambar_Langit Gambar_Langit

455,402 DPT OKU Timur di Tetapkan 

waktu baca 2 menit
Kamis, 19 Apr 2018 13:45 0 102 Redaktur Pelita Sumsel

Pelita Sumsel, Martapura – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) OKU Timur menggelar Rapat Pleno terbuka Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan tahun 2018. Tercatat, jumlah DPT yang di plenokan KPU OKU Timur untuk Pilgub Sumsel tahun 2018 berjumlah 455, 402 DPT dari 20 Kecamatan yang tersebar di 1.528 TPS. Kamis, (19/4). Bertempat di Aula Graha Tani Martapura.

Sebelum Pleno DPT ini, KPU juga telah melakukan beberapa kali tahapan tahapan validasi Data pemilih yang sebelumnya di sebut Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Hasil Perbaikan (DPSHP), tercatat sebelum DPT ini jumlah DPSHP 475, 189. Artinya ada penurunan dari DPSHP ke DPT.

Ketua KPUD OKU Timur H, Leo Budi Rachmadi, SE di temui usai menggelar  Pleno DPT ini mengatakan, adanya penurunan jumlah DPSHP ke DPT ini disebabkan penghitungan sebelumnya di lakukan dengan cara manual. Namun untuk DPT ini penghitungan Data Pilih menggunakan Sistem aplikasi sehingga ditemukan permasalahan di antaranya pemilih ganda dan Pemilihan non E-KTP. Untuk permasalahan Ganda ini Leo menyebutkan pihaknya telah melakukan perbaikan data, sehingga muncullah jumlah DPT ini, sedangkan untuk Pemilihan Non E-KTP pihaknya telah menyampaikan ke Disdukcapil. “Untuk jumlah DPT Pilgub Sumsel tahun 2018 ini berjumlah 455.402. Setelah sebelumnya kita telah melaksanakan tahapan-tahapan validasi data mulai di tingkat PPS, PPK hingga di tingkat KPU ini,” papar Leo.

Data yang di himpunan dari KPU OKU Timur, jumlah DPT ini mengalami penurunan dari DPT pemilihan yang lalu. Dimana DPT pada Pilgub tahun 2013 berjumlah 486.487. Artinya ada sekitar kurang lebih 30.000 penurunan mata pilih. Dikatakan Leo, berkaitan DPT ini kemungkinan bisa bertambah jika ada aturan yang mengaturnya, sebab menurut dia, salah satu penyebab penurunan DPT ini berkaitan dengan pemilih yang belum memiliki E-KTP. Dimana pada Pemilihan terdahulu pemilih yang belum E-KTP dapat memilih. “Data Pemutakhiran kita ada 30.000 lebih warga di OKU Timur belum memiliki E-KTP. Jumlah inikan klop jika di hubungkan dengan DPT pilgub 2013 lalu yang saat itu belum E-KTP bisa memilih. DPT ini kemungkinan bertambah jika ada aturan terbaru yang mengatur, yakni masuk dalam tahapan Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTB). Untuk Pilgub ini kita Target kan partisipasi pemilih di atas 77 persen,” tukasnya.

Tampak Hadir dalam rapat Pleno ini, PPK dan operator se OKU Timur, Panwaslu dan Panwascam se OKU Timur, Tim Pemenangan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan tahun 2018. Perwakilan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. (fah)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA