Gambar_Langit

39 Calon Kepala Daerah Ikuti Tes Psikologi dan Urine

waktu baca 1 menit
Kamis, 11 Jan 2018 15:47 0 108 Redaktur Pelita Sumsel

Palembang, Pelita Sumsel-39 pasangan calon Kepala Daerah Sumsel yang mengikuti pemilihan Bupati, Walikota dan Gubernur menjalani tes narkoba dan psikologi di Rumah Sakit Muhammad Hoesin Palembang, Kamis 11 Januari 2018.

“Ya, ada 39 Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) yang mengikuti tes kesehatan. Hari ini menjadi dua tes, yakni psikologi dan narkoba. Untuk medis dilaksanakan pada 12-15 Januari 2018,” kata Ketua KPU Sumsel, Aspahani Kamis (11/1)

Dijelaskan Paslon akan mengikuti tiga rangkaian pemeriksaan, yakni psikologi, narkoba, dan medis.
Pemeriksaan para pasangan calon sendiri, melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Lanjutnya, Hasil seluruh Aspihani pemeriksaan itu, nantinya menjadi salah satu syarat untuk menentukan diterima atau tidaknya pasangan tersebut. Untuk maju sebagai calon kepala daerah.

“Jika dinyatakan tidak lulus, seperti memakai narkoba langsung tidak lulus dan menjadi peserta Pilkada. Keputusan tim dokter bersifat final, tidak ada pembanding dengan dokter lain,” pungkasnya

Sementara itu, Ketua Pelaksana Pemeriksaan Kesehatan Bapaslon Kepala Daerah yang juga Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumatera Selatan, Rizal Sanif, menambahkan, dalam pemeriksaan tersebut melibatkan 30 dokter spesialis. Para dokter sendiri, terdiri dari beberapa spesialis, yakni spesialis penyakit dalam, spesialis jantung, spesialis THT, mata, gigi, syaraf dan sebagainya.

” jika satu saja dalam tiga tes yang diikuti dinyatakan bermasalah, jelas tidak memenuhi syarat,” katanya (yf)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA