Gambar_Langit Gambar_Langit

Diduga Sering Liburan, Anggota Panwaslu ini Abaikan Tugasnya

waktu baca 2 menit
Senin, 25 Des 2017 10:37 0 130 Redaktur Pelita Sumsel

Palembang, Pelita Sumsel–Panwaslu, merupakan salah satu lembaga yang bertugas mengawasi setiap tahapan penyelenggaraan pemilihan umum. Untuk itulah, dituntut kinerja yang optimal dalam mencegah kecurangan yang akan timbu.

Dalam mengoptimalkan kinerjannya, Komisioner Panwaslu Kota Palembang harus selalu berada di sekretariat, mengingat banyak laporan yang masuk seperti laporan pelanggaran, menyelesaikan sengketa yang timbul dalam penyelenggaraan pemilu.

Jika salah satu dari tiga Komisioner Panwaslu selalu tidak berada ditempat(kantor) akan berimbas kepada kinerja dua Komisioner lainya.

Kondisi inilah yang terjadi dalam tubuh Panwaslu kota Palembang, yang tengah mengalami kesulitan dalam bekerja. Pasalnya, satu Komisioner Panwaslu kota Palembang yang belakangan diketahui bernama Darsi Elyanto kerap melalaikan tugas, sehingga tugas lembaga pengawasan yang diemban nya tidak bekerja efektif.

Berdasarkan pantauan dilapangan, Terkait adanya laporan dugaan pelanggaran oleh KPU Kota Palembang yang dilaporkan pasangan perseorangan, Komisioner Devisi Hukum dan penindakan ini sejak Jumat (21/12/2017) sampai minggu, (24/12 /2017) pemeriksaan ke lima Komisioner KPU Palembang tetap tidak terlihat sama sekali.

Parahnya, ketidakhadiran salah satu Komisioner Panwaslu kota Palembang ini tanpa keterangan lisan maupun tertulis yang ditujukan kesekretariatan.

Belakangan diketahui Komisioner Panwaslu kota Palembang Darsi sedang berada Kabupaten Lahat berdasar foto yang beredar tertanggal (23/12/2017) terlihat sedang melakukan kegiatan reuni sekolah SMA Negeri I Lahat Kabupaten Lahat.

Saat dikonfirmasi kepada ketua Panwaslu Kota Palembang M Taufik. SE, M.S,i perihal kebenaran tersebut, hanya membenarkan saja.

Sementara itu Dadang Apriyanto Devisi pencegahan dan hubungan antar lembaga, juga membenarkan jika Salah satu Komisioner Panwaslu Palembang tidak ada tempat. Hal ini berdasarkan pemeriksaan terhadap laporan calon perseorangan Chairilsyah dan pemeriksaan terhadap pihak terlapor dalam hal ini KPU juga tidak berada di kantor Sekretariat Panwaslu Palembang.

“Secara tim memang solid, tetapi tugas-tugas terhambat karena saudara Darsi pd pterkadang tidak berada di tempat. Kalaupun berada di luar bukan dalam urusan yang berkaitan dengan tugas Panwaslu,” Singkatnya

Ketika awak media menghubungi no telepon gengam Komisioner Panwaslu Darsi Elyanto, perihal tersebut, tidak dapat dihubungi.(yf)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA