Gambar_Langit Gambar_Langit

Pastikan Kualitas Infrastruktur Desa, Ini yang dilakukan Camat BP Peliung

waktu baca 2 menit
Selasa, 28 Nov 2017 10:43 0 91 Redaktur Pelita Sumsel

Pelita Sumsel, Martapura – Dalam memajukan kemandirian dan peningkatan kemakmuran Desa, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah setiap tahunnya terus menyalurkan bantuan, mulai dari penyaluran bantuan melalui Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa. Namun untuk memastikan bantuan ini betul-betul terealisasi dengan mutu yang baik perlu adanya pemantauan dan monitor dari setiap pihak terkait.

Berkaitan dengan terwujudnya mutu  Pembangunan Desa yang berkualitas, Camat Buay Pemuka Peliung Jon Kenedy, SE memiliki cara tersendiri dalam memastikan proses pembangunan di setiap Desa yang berada di Kecamatan BP Peliung agar berorientasi pada mutu kualitas bangunan yang baik.

“Dalam satu minggu, 3 sampai 4 kali saya turun ke desa yang berbeda beda, salah satu tujuannya untuk memastikan setiap proses pengerjaan pembangunan infrastruktur yang di kerjakan oleh pemerintah Desa memiliki hasil kualitas mutu bangunan yang baik, dan yang pasti sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya Bangunan (RAB),” tegas Jon. Selasa, (28/11) saat di jumpai di ruang kerjanya.

Menurut dia, di Kecamatan BP Peliung terdapat 13 Desa di mana setiap Desa ini harus di lakukan kontrol secara terus menerus sehingga dana bantuan baik yang bersumber dari dana desa maupun ADD terserap dengan baik tanpa ada penyimpangan. Disisi lain setiap kunjungannya ke desa, pihaknya terus mensosialisasikan pentingnya taat pajak, sebab sumber pajak warga salah satu penunjang kemajuan pembangunan.

“Selain mensosialisasikan taat pajak, kita bersama pak Kapolsek BP Peliung gencar ke desa-desa, kadang malam hari kita turun ke desa, agar memastikan kemanan warga, dan selalu kita mengajak, menghimbau agar terus mengaktifkan pos kamling setiap Desa,” ucapnya.

Terkait pelayanan yang ada di Pemerintah Kecamatan, Jon menginformasikan bagi masyarakat BP Peliung agar mengetahui Pemerintah Kecamatan memiliki pelayanan Terpadu Kecamatan (Paten) yang berlangsung sejak lama, dalam Paten sendiri melayani terhadap kepengurusan administrasi Kependudukan dan Izin izin keramaian. Terakhir Dirinya menambahkan, saat ini pihaknya tengah gencar mensosialisasikan ke desa terhadap pentingnya kegiatan Jum’at bersih, sehingga diharapkan dapat menjaga keasrian dan kebersihan setiap Desa dan memupuk kekompakan warga dalam menjaga Desa masing-masing.

“Iya ada Paten untuk Pelayanan di Kecamatan, sama seperti kecamatan lainya, disini masyarakat dilayani dalam mengurus administrasi kependudukan dan izin-izin keramaian,” ucap Jon. (fah)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA