Gambar_Langit Gambar_Langit

Bupati Minta Kades Harus Inovatif

waktu baca 2 menit
Kamis, 9 Nov 2017 02:22 0 130 Redaktur Pelita Sumsel

Pelita Sumsel, Martapura – Saat ini Pemerintah Pusat melalui Kementrian Desa dan Pembangunan Daerah tertinggal terus menggelontorkan sejumlah dana yang bernilai ratusan juta, dana ini di peruntukan untuk kemajuan desa dari berbagai bidangnya. Seperti salah satunya dana desa diperuntukkan untuk di kelola melalui Badan usaha Milik Desa(Bumdes).

Terkait penggunaan Dana Desa tersebut, mengundang perhatian khusus dari Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi.

Dijumpai di meja kerjanya, Rabu, (8/11) Kholid mengatakan, kepala Desa yang ada di OKU Timur ini saya pancing terus agar inovatif serta memunculkan terobosan-terobosan yang tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Jangan hanya menjalankan program program yang selama ini.

“Setiap Kepala Desa itu saya pancing betul, agar berpikir inovatif dan memunculkan  ide-ide terobosan. Soalnya tidak ada alasan untuk tidak inovatif, dananya ada tinggal bagaimana oknum Kades ini berpikir inovatif,” ucap Kholid.

Dirinya menambahkan, kalau tidak inovatif bisa jadi Dananya nganggur, sementara ada yang mau inovatif tapi tidak ada dana, sekarang ada dana tadi tidak inovasi, dirinya juga mengaku sulit untuk mengontrol dana desa ini, sebab dana desa tersebut langsung di transfer pusat ke kerekening Pemkab dan langsung ditranfer lagi kerekening Pemerintah desa ini susah di kontrol. “Jangan ngapusi Kepala Desa, tahu-tahu kepala desa sudah beli mobil Avanza, meskipun dibeli bekas (seken) tetap seratus juta harganya belinya,” cetusnya.

Terakhir, Kholid menghimbau kepada jajarannya yang memiliki kewenangan untuk memantau pengelolaan Dana Desa ini agar betul betul menjalankan tugas dan fungsinya, sehingga dalam fungsi pemantauan, dana yang di peruntukan ke rakyat ini betul betul dapat memberikan manfaat kepada rakyat.

“Jika ada temuan penyimpangan, tentu ada tim yang bertugas melakukan pemeriksaan, untuk Dinas  seperti Dinas PMD dan Inspektorat saya tegaskan agar menjalan tugas sebagaimana mestinya dalam memantau penggunaan Dana Desa Ini,” tegasnya. (fah)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA