Gambar_Langit Gambar_Langit

Memasuki Masa Tanam Padi, Ini Himbau Kadis Pertanian. 

waktu baca 2 menit
Minggu, 5 Nov 2017 18:16 0 130 Redaktur Pelita Sumsel

Pelita Sumsel, Martapura – memasuki akhir tahun 2017, petani di sejumlah wilayah OKU Timur terus melakukan kegiatan bercocok tanam padi. Sebagian saat ini sudah ada yang melakukan masa tanam. Ada juga yang tengah melakukan olah tanah untuk persiapan tanam.

 

Hasil pantauan di lapangan, Minggu (5/11) petani sawah tadah hujan di desa Kumpul Sari Kecamatan Martapura, terdapat sebagian sudah ada yang melakukan tanam. Tapi ada juga yang masih mengolah tanah untuk persiapan tanam.

 

Imran (43) warga Kumpul Sari yang berprofesi sebagai petani ini mengatakan, mengingat kebutuhan air di areal sawah miliknya sudah mencukupi dan sudah selelai menggarap lahan sehingga sekarang dilakukan tanam bibit padi.

 

Agar hasil panen lebih baik dia memilih bibit padi jenis unggul dan akan melakukan pemupukan secara teratur. Serta menyemprot tanaman padi dengan racun hama agar tanaman padi miliknya tidak diserang hama.

 

“Kita berharap hasil panen kita nanti akan lebih baik lagi, karena hanya ini penghasilan kita untuk memenuhi kebutuhan hidup,”ungkapnya.

 

Terpisah, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (Kadin TPH) OKU Timur Ir Ruzuan Efendi saat dikonfirmasi, membenarkan sekarang baik petani sawah irigasi teknis maupun sawah tadah hujan sudah ada yang memasuki masa tanam.

 

Tapi masih ada juga petani yang sedang melakukan olah tanah menjelang tanam. Terlebih saat ini suplay air untui sawah tadah hujan sudah mencukupi sehingga sudah bisa dilakukan masa tanam.

 

Supaya hasil panen lebih maksimal petani dihimbau agar menggunakan bibit unggul tahan hama varitas Infari.”Karena dengan bibit unggul tahan hama akan membuat perkembangan tanaman padi lebih bagus karena itu kita sarankan petani menggunakan bibit jenis ini,”imbuhnya.

 

Ruzuan menambahkan, hama yang sering menyerang tanaman padi berupa hama wereng dan tikus. “Untuk itu sebaiknya petani melakukan gobroyokan untuk membasmi hama tikus sebelum masuk musim tanam, karena dengan cara gobroyokan ini lebih efektif membasmi hama tikus,”ujarnya.(fah)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA