Gambar_Langit Gambar_Langit

Pemkab OKU Selatan Peringati Hari Sumpah Pemuda

waktu baca 2 menit
Senin, 30 Okt 2017 23:18 0 115 Redaktur Pelita Sumsel

Muara Dua Pelita Sumsel-Pemerintah Kabupaten OKU Selatan pagi tadi (senin/30/10) telah melaksanakan Upacara dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda  Ke-89 Tahun 2017. Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap Tanggal 28 Oktober ini  telah menjadi agenda rutin sebagai momentum besar khususnya di Lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU Selatan.

Hadir langsung Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo, B. Commerce, Ketua DPRD, FKPD, Sekretaris Daerah Kabupaten OKU Selatan, Para Asisten, Para Staf ahli, Ketua TP PKK, Ketua Bhayangkari, Ketua Persit, Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini, DWP, GOW, Kepala OPD, Camat Muaradua beserta Istri, KPU, Panwaslu, KNPI, Karang Taruna Indonesia, beserta Organisasi Pemuda lainnya dan Para Perwakilan Pelajar.

Dalam kesempatan ini Bupati OKU Selatan membacakan  Pidato dari Menteri Pemuda dan Olahraga pada Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-89, berikut Pidato dari Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi. ” Dalam sebuah kesempatan, Presiden Republik Indonesia yang pertama, Bung Karno pernah menyampaikan : “jangan mewarisi abu sampah pemuda tapi warisilah api sumpah pemuda. Kalau sekadar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa, dan satu tanah air. Tapi ini bukan tujuan akhir.”

Pesan yang disampaikan oleh bung karno ini sangat mendalam khususnya bagi generasi muda Indonesia. Api sumpah pemuda harus kita ambil dan terus dinyalakan. Kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. Kita juga harus berani melawan ego kesukuan, keagamaan dan kedaerahan kita. Ego ini yang kadangkala mengemuka dan menggerus persaudaraan kita sesama anak bangsa. Kita harus berani mengatakan bahwa persatuan Indonesia adalah segala-galanya, jauh di atas persatuan keagamaan, kesukuan, kedaerahan, apalagi golongan.

Dari kutipan Pidato di atas dapat disimpulkan bahwa kita sebagai bangsa Indonesia harus bersatu padu meskipun dengan berbagai keberagaman suku, agama dan kedaerahan. Terkhusus di Kabupaten OKU Selatan yang mempunyai keberagaman suku agama dan kedaerahan, dengan adanya keberagaman ini khusunya generasi muda di Kabupaten OKU Selatan untuk terus menjaga kesatuan dan persatuan jangan pernah dikalahkan dengan ego yang akan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Selanjutanya untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-89 Pemerintah Kabupaten OKU Selatan juga akan menggelar acara Malam Resepsi Kepemudaan di Gedung Kesenian Muaradua pada Tanggal 30 Oktober 2017 Pukul 19.00 Wib.

Sumber : Diskominfo OKU Selatan.

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA