Home / DAERAH / LAHAT / Pemkab Lahat Gelar Upacara Bersama Peringati Hari Sumpah Pemuda

Pemkab Lahat Gelar Upacara Bersama Peringati Hari Sumpah Pemuda

Lahat, PelitaSumsel – Masih dalam rangka peringatan hari sumpah pemuda ke-89 yang jatuh pada tangal 28 Oktober 2017, sebagai bentuk peringatan pemerintah daerah (Pemda, red) Kabupaten Lahat, dengan diikuti ASN, unsur TNI dan Polri serta pelajar melaksanakan upacara di halaman Pemda Lahat, Senin (30/10/2017).

Nampak pula beberapa Ormas (Organisasi masyarakat), organisasi pemuda seperti Pemuda Pancasila (PP) dan  pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) cabang Kota Lahat.

Bertindak sebagai inspektur upacara yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Lahat H. Haryanto, SE, MM, MBA. Dalam amanatnya yang membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga (Dispora) Republik Indonesia (RI) pada peringatan Hari Sumpah Pemuda dengan tema “Pemuda Indonesia Berani Bersatu”.

“Delapan puluh sembilan tahun yang lalu, tepatnya pada 28 Oktober 1928, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air berkumpul disebuah gedung di jalan Kramat Raya daerah Kwitang Jakarta. Mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu bahasa indonesia. Ikrar ini nantinya, 17 Tahun kemudian melahirkan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945,” terangnya.

Mereka berdiskusi, bertukar pikiran dan mematangkan gagasan hingga akhirnya bersepakat meningkatkan diri dalam komitmen ke Indonesiaan. Sumpah Pemuda dibacakan di arena kongres pemuda ke-2, dihadiri oleh pemuda lintas suku, agama dan daerah.

“Dari 71 pemuda beserta kongres lainnya, mereka memiliki latar belakang agama, suku, bahasa dan adat istiadat yang berbeda beda. Namun, fakta sejarah menunjukkan bahwa sekat dan batas batasan tersebut tidak menjadi halangan bagi para pemuda untuk bersatu demi cita cita besar indonesia. Hal inilah yang kita sebut dengan “Berani Bersatu,” ungkapnya.

Ia menambahkan, tentunya kita patut bersyukur atas sumbangsih para pemuda indonesia yang sudah melahirkan sumpah pemuda. “Sudah seharusnya kita meneladani langkah langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya,” katanya.

Oleh karena itu, Haryanto menambahkan, dengan peringatan hari sumpah pemuda diharapkan bahwa peringatan sumpah pemuda bukan hanya agenda rutin yang setiap tahun dilaksanakan, tetapi juga sebagai evaluasi apa yang sudah terjadi selama tahun tahun yang telah berlalu dan mendorong pemuda-pemuda Indonesia untuk bangkit.

“Tingkatkan kemampuan, keahlian yang mempunyai integritas yang tinggi dan menumbuhkan karakter kepemimpinan yang peduli dan profesional sehingga muncul pemuda-pemuda unggul yang dapat membuat bangsa ini disegani dikancah dunia,” tutupnya. (Darmawan).

Advertisement
Bagikan Ini Di :