Gambar_Langit

Kenalkan Dunia Pajak ke Mahasiswa

waktu baca 2 menit
Selasa, 19 Sep 2017 17:41 0 83 Redaktur Pelita Sumsel

Palembang, Pelita Sumsel-Ratusan mahasiswa jurusan Akuntansi dan Manajemen mengikuti Kuliah Umum Perpajakan dengan Tema Inklusi Kesadaran Perpajakan dalam Pendidikan dengan antusias Aula FE Universitas Sriwijaya Kampus Indralaya Selasa (19/09)

Wakil Rektor II Universitas Sriwijaya, Muchtaruddin, menyampaikan apresiasi kepada tim dari Kanwil DJP Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung untuk telah menjadi narasumber kegiatan tersebut. Menurut Muchtaruddin, M. Ismiransyah M. Zain, selaku Kepala Kanwil DJP Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung, merupakan pejabat eselon II pertama yang berkenan meluangkan waktu untuk mengisi perkuliahan tersebut.

Saat memberikan materi Kepala Kanwil DJP Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung M. Ismiransyah M. Zain. Lelaki berdarah Minang yang akrab disapa Rendi ini tampil begitu semangat ketika mengawali materinya. “Adik-adik ini adalah orang-orang yang beruntung bisa menikmati perkuliahan di kampus terbaik di Sumatera Selatan” ujar Rendi yang kemudian disambut dengan tepuk tangan hadirin.

Banyak hal yang disampaikan sepanjang perkuliahan tersebut. Hal terpenting diantaranya adalah bagaimana pajak sepatutnya dikenali dan dipahami sejak dini oleh para mahasiswa yang dalam beberapa tahun mendatang akan menjadi Wajib Pajak. Pemahaman itu mencakup makna dan arti penting pajak bagi pembangunan negara.

Dijelaskan pula oleh Rendi mengenai sejumlah isu terkini terkait kebijakan perpajakan antara lain mengenai berlakunya Undang-undang Nomor 9 Tahun 2017 yang memberlakukan Peraturan pemerintah nomor 1 Tahun 2017 yg tentang keterbukaan akses perbankan untuk kepentingan perpajakan. “Kebijakan ini sangat penting bagi peningkatan kinerja Direktorat jenderal pajak dalam mengumpulkan penerimaan pajak” demikian Rendi menegaskan terkait undang-undang tersebut.

Kegiatan tersebut juga menjadi ajang tanya jawab bagi hadirin. Sejumlah pertanyaan diajukan peserta yang ditanggapi narasumber secara langsung. Acara makin meriah ketika setiap mahasiswa yang bertanya dihadiahi sebuah doorprize langsung oleh panitia.

Acara kemudian ditutup dengan penyampaian apresiasi oleh Tim Kanwil DJP Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung kepada Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya untuk telah menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan ini. Bukan tidak mungkin, acara serupa akan kembali digelar di masa mendatang untuk mencapai satu tujuan besar yaitu terciptanya generasi mendatang yang sadar pajak. (yf)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA