Gambar_Langit

Wujudkan Sustainable Development, KNPI Palembang Ikuti Pelatihan Bidang Pertanian dan Perikanan

waktu baca 2 menit
Sabtu, 20 Mei 2017 08:26 0 105 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel — Dalam rangka meningkatkan kreatifitas dan jiwa enterpreneur pemuda Kota Palembang, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Palembang menggelar pelatihan bidang pertanian dan perikanan bagi pemuda dengan tema “Menjadikan Pemuda Berwawasan Emas Menuju Palembang Kota Hijau”.

Acara tersebut diikuti oleh pemuda se-Kota Palembang perwakilan masing-masing kecamatan, Karang Taruna Kota Palembang, dan KNPI Kota Palembang.

Acara dibuka pada Rabu (17/5), bertempat di Hotel Rio oleh Bapak Wandri selaku Sekretaris Dispora Kota Palembang. Dalam sambutannya, ia mengajak para pemuda agar kiranya terus mengembangkan kreatifitas dan wirausaha yang berwawasan lingkungan.

“Jadi, berwirausaha bukan hanya sekedar mencari keuntungan saja, akan tetapi lingkungan harus senantiasa kita jaga. Kami berharap melalui pelatihan ini, para pemuda dapat menjadi garda terdepan untuk menghijaukan Kota Palembang”, ujarnya.

Dalam pengelolaan pelatihan ini, Dispora Kota Palembang menggandeng WBU Solution Center sebagai fasilitator. Setelah peserta mendapatkan materi terkait pertanian dan perikanan pada Rabu (17/5), kemudian langsung praktek ke WBU Center Solution pada Kamis (18/5) dan Jum’at (19/5).

Bapak Kholil selaku pemateri memaparkan pentingnya menjaga lingkungan. Selain itu, ia juga memotivasi para pemuda untuk berwirausaha terutama dalam bidang pertanian dan perikanan.

“Usaha bidang pertanian dan perikanan sering dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang, padahal hasil yang diperoleh cukup menjanjikan. Selain dapat untung, kita juga bisa berperan aktif dalam menjaga lingkungan”, jelasnya.

Fhana Justian Adynata yang merupakan salah satu peserta pelatihan utusan dari KNPI Kota Palembang mengatakan bahwa pelatihan ini secara konsep sangat baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya banyak yang perlu dikoreksi.

“Pelatihan ini terkesan bukan pelatihan, tetapi hanya seperti kunjungan lapangan. Waktu yang pendek hanya setengah hari sehingga materi yang disampaikan tidak mendalam. Banyaknya jumlah peserta sehingga pelatihan ini tidak terlalu fokus dan goal yang diharapkan tidak maksimal. Ke depan, kami berharap Dispora Kota Palembang melakukan evaluasi dan perbaikan dalam melaksanaan pelatihan, jangan sampai seperti ini lagi”, keluhnya.

Handry Pratama Putra selaku Ketua KNPI Kota Palembang ketika diwawancarai via telepon pada Jum’at (19/5) mengatakan, KNPI Kota Palembang siap berperan aktif dan mendukung penuh dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan Kota Palembang berwawasan wirausaha.

“Sebuah konsep yang sangat baik mengaitkan kegiatan wirausaha sekaligus menghijaukan lingkungan, dengan begitu Sustainable Development di Kota Palembang dapat diwujudkan. KNPI Kota Palembang siap berperan aktif dan mendukung penuh”, pungkasnya. (zp19)

LAINNYA