Gambar_Langit Gambar_Langit

Pagar Nusa Siap Amankan Asian Games Dan Pilkada 2018

waktu baca 3 menit
Sabtu, 29 Apr 2017 16:17 0 95 Redaktur Pelita Sumsel

Palembang, Pelita Sumsel – Sebagai warisan asli nenek moyang bangsa Indonesia, Pencak Silat harus perlu dibina dan dikembangkan sehingga berdampak pada kemajuan bangsa ini.

Wakil Gubernur Sumsel dan juga selaku Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumsel, H Ishak Mekki berharap untuk lebih dikembangkan lagi pencak silat, baik didaerah-daerah, kecamatan bahkan sampai pedesan.

“Saya harap kepada kepengurusan cabang wilayah untuk mengembangkan pencak silat. Lakukan pelatihan-pelatihan disana, sehingga pencak silat ini menjadi suatu budaya atau tradisi di Sumsel,”katanya saat menghadiri Pelantikan Pengurus dan Rapat Kerja Wilayah Pimpinan Wilayah Pencak Silat Nadhatul Ulama (NU) Pagar Nusa Provinsi Sumsel di Aula MAN 3 Palembang, Sabtu (29/4).

Disamping itu, Ishak juga berharap kepada pencak silat seluruh Indonesia yang tergabung dalam IPSI untuk terus bersatu dan mengembangkan pencak silat ini.”Yang jelas pencak silat sudah menjadi suatu olahraga belah diri yang menjadi kebanggan kita. Pasalnya berbagai penghargaan dan prestasi sudah ditorehkan oleh olahraga pencak silat ini,”katanya.

Jadi sudah sepantasnya Pemerintah Pusat dan Daerah untuk memberikan perhatian kepada olahraga pencak silat.”Kita sudah merencanakan untuk membangun Gedung Pencak Silat di Jakabaring,”tuturnya.

Pada rapat kerja wilayah ini, Ishak meminta agar dapat menyusun program-program dengan baik dan tepat, karena untuk kemajuan pencak silat itu sendiri. “Susunla program yang baik untuk kedepanya, agar membawa NU Pagar Nusa lebih maju dengan begitu bisa menghasilkan prestasi-prestasi yang gemilang,”pungkasnya Ishak sekaligus mengucapkan selamat kepada pengurus Pagar Nusa yang baru dilantik masa periode 2017-2022.

Sementara itu, Laporan Pelaksana Plt. Ketua Umum Pimpinan Pusat Pencak Silat NU Pagar Nusa, Ajengan Mimih Haeruman mengukapkan, bahwa berdirinya Pagar Nusa dibentuk oleh para ulama dimana satu lembaga, satu badan anak Nadhatul Ulama (NU) yang suka berantam. “Oleh karena itu, dibentukla pencak silat NU yaitu Pagar Nusa,”katanya. “Yang jelas Pagar Nusa dilahirkan oleh para ulama untuk dijadikan sebagai pagar,”ujarnya.

Dia menegaskan, sebagai pagar NU, Pagar Nusa berkewajiban untuk melindungi NU dari apapun serta bangsa ini. “Saya berharap NU bisa bersinergi bersama pemerintah untuk kemajuan bangsa ini,”katanya. Selain itu, “NU Pagar Nusa tetap terus mendukung program Pemerintah, Seperti mendukung suksesnya Asian Games 2018,”ujarnya.

Ditambahkan, sebagai Ketua PSNU Pagar Nusa Sumsel periode 2017-2022, Emi Sumitra mengatakan, Pagar Nusa akan terus bekerjasama dengan pemerintah dalam mengantisipasi gejolak-gejolak yang akan mengganggu. Misalnya Pagar Nusa akan melakukan pengaman dan antisipasi apapun yang setiap mengancam daerah ini.

“Nah, apalagi sebentar lagi Provinsi Sumsel akan ada dua hajatan besar yaitu Asian Games 2018 dan Pilkada. Pagar Nusa dalam hal ini akan berpatisipasi penuh dalam mendukung suksesnya hajatan tersebut,”tutupnya. (Ril)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA