Gambar_Langit Gambar_Langit

Pangan yang Berkualitas Hadirkan SDM Berkualitas

waktu baca 2 menit
Rabu, 12 Apr 2017 16:46 0 123 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Pengetahuan masyarakat tentang pangan, perlu selalu ditingkatkan karena masalah pangan merupakan masalah utama agar masyarakat dapat hidup sehat dan sejahtera.

Maka dari itu Tim Penggerak PKK sebagai mitra pemerintah mempunyai tugas untuk turut serta mewujudkan pola komsumsi masyarakat kearah pangan yang berkualitas.

Untuk mewujudkan kepedulian masyarakat akan pangan yang sehat Selasa (12/04) TP. PKK mengadakan Pelatihan Ketahanan Pangan dan Keamanan Pangan Bagi Ketua Tim Penggerak (TP) Kecamatan Se-Sumatera Selatan, bertempat di Gedung Wanita Rajawali, Palembang.

Hj. Tartila Ishak Mekki sebagai wakil ketua TP. PKK hadir dalam pembukaan pelatihan. Dia mengatakan bahwa salah satu tolak ukur kesejahteraan rakyat adalah kemampuan rakyat mengkomsumsi makanan.

” makanan yang kita komsumsi sehari – hari haruslah makanan yang sehat karena dengan makanan yang berkualitas dapat menghasilkan masyarakat yang sehat dan produktif ” jelasnya.

Tartilah mengatakan, kegiatan pelatihan ketahanan pangan dan keamanan pangan, diharapkan mampu meningkatkan pemahaman masyatakat, mengenai pangan yang sehat dan berkualitas.

“untuk mengetahui makanan yang bergizi, seimbamg dan aman itu seperti apa, kami mengundang pembicara dari Dinas Ketahanan Pangan,” katanya

Lebih lanjut Narasumber dari Dinas Ketahanan Pangan, Nariman Kaptiah menjelaskan bahwa pangan adalah budaya yang merupakan hasil adaptasi manusia dan lingkungan, merupakan kebutuhan dasar manusia yang menjadi pilar utama pembangunan nasional.

” Pangan sangat mempengaruhi stabilitas ekonomi sosial dan pilitik, dengan pangan yang terjaga kita dapat mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas,” paparnya.

Kaptiah juga menjelaskan tentang cara memilih makanan yang Bergizi, Berimbang, Sehat dan Aman (B2SA).

“Masih banyak pangan yang tidak sehat disekitar kita, untuk menghindari makanan yang tidak sehat, kita harus bisa untuk memilahnya, misalnya dengan memberi pangan lokal seperti buah-buahan lokal, hindari makanan yang berwarna mencolok dan sebisa mungkin memilih makanan organik,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama, ketua panitia pelatihan Fien Poerwadi mengatakan pelatihan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan para kader PKK, agar mampu menyebarluaskan ke masyarakat mengenai pangan yang berkualitas untuk dikomsumsi, “kami berharap agar setelah pelatihan ini kader yang ikut pelatihan dapat terjun langsung untuk membina warganya masing-masing ” ujar Ketua III TP. PKK Sumsel ini. (ril)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA