Gambar_Langit

Pembangunan Rumah Pompa Masih Terkendala

waktu baca 2 menit
Minggu, 26 Mar 2017 23:05 0 96 Redaktur Pelita Sumsel

Pembangunan Rumah Pompa Sungai Bendung Masih Terkendala Permasalahan Lahan

 

Palembang, Pelita Sumsel – Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang Kota Palembang, Saiful mengungkapkan, untuk mengatasi banjir ini Pemkot bersama Balai Sungai Sumatera VIII sedang mengupayakan pembangunan rumah pompa di muara Sungai Bendung. Saat ini memang masih terkendala permasalahan lahan, karena ada 8 persil lagi yang belum dibebaskan.

“Tapi, kita akan berupaya untuk secepatnya menyelesaikan ini. Nantinya ada 6 unit pompa dengan kapasitas 18 meter kubik. Jadi nanti pompa akan berfungsi jika permukaan air Sungai Musi tinggi maka pintu air akan ditutup. Nah, air yang dari dalam kota akan dipompa ke dalam kolam buatan sehingga air tersebut tidak mengalir keluar dan menjadi genangan,” ungkapnya, Minggu (26/3)

Selain itu, sambung dia, juga akan dilakukan rekon saluran air di Jalan Ahmad Yani tepatnya di depan Universitas Muhammadiyah, normalisasi kolam retensi IBA dan di Jalan Demang Lebar Daun.

“Untuk kawasan Residen Abdul Rozak dan Jl Mayor Zen itu akan dilakukan normalisasi di daerah aliran sungai (DAS) Buah. Yakni Sungai Juaro dan Sungai Buah, sehingga bisa mengurangi genangan di Residen Abdul Rozak,”katanya.

Namun, lanjut dia, usaha pemerintah tidak akan maksimal jika tidak didukung partisipasi masyarakat. “Kita harapkan masyarakat lebih peduli terutama untuk menjaga sungai. Jangan ada lagi yang membuang sampah di sungai, selain mencemari sungai juga memicu banjir karena sungai mendangkal,” harapnya.

Sementara itu hujan deras sejak pukul 11.00 WIB Minggu siang (26/3) membuat sejumlah kawasan di Palembang terkepung banjir. Diantaranya, di Simpang Polda, Sekip, Jl R Soekamto, Jl Kol Barlian, Jl Residen Abdul Rozak, Jl Angkatan 45, Jl Sukabangun II dan Celentang.

Pantauan dilapangan mobil dan motor yang melintas di kawasan yang banjir, banyak yang mogok. Akibatnya, kemacetan panjang tidak bisa dihindari.

“Celentang sdh siap berlabuh kapal.. Selamat sdh dibuka nya dermaga baru di celentang..”Tulis Anang Charma dalam akun facebooknya yang langsung mengupload kondisi jalan Jl Residen Abdul Rozak simpang celentang (YF)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA