Nick : Konsumen Seringkali Terlalu Berpuas Diri

waktu baca 2 menit
Sabtu, 4 Mar 2017 01:15 0 66 Admin Pelita

Jakarta, Pelita Sumsel – WiFi kini menjadi suatu kebutuhan pengguna smartphone. Tanpa jaringan tersebut, ponsel pintar takkan mampu memberikan layanan sepenuhnya pada pelanggan. Tak jarang, pengguna smartphone juga memanfaatkan WiFi publik gratis yang tersedia di berbagai tempat populer seperti bandara, kafe dan hotel.

Sadarkah Anda bahwa penggunaan WiFi publik rentan dari serangan hacker. Data dari Norton Cyber Security Insights Report 2016 menunjukkan bahwa 26 persen responden di Indonesia mengaku terbiasa menggunakan WiFi publik. 77 persen orang Indonesia juga memanfaatkan WiFi publik untuk mengirimkan dokumen mengakses email, dan jejaring sosial mereka. Data ini menunjukkan tingkat kesadaran pengguna WiFi publik pada kerentanannya.

“Konsumen seringkali terlalu berpuas diri ketika terhubung ke jaringan WiFi publik dan meyakini bahwa tidak ada hal buruk yang akan terjadi pada mereka,” kata Nick Savvides, Security Advocate, Consumer Business Unit Symantec di Jakarta, Jumat (3/3/2017).

Tingkat kesadaran pengguna pada keamanan jaringan WiFi publik yang kurang juga menjadi celah bagi para hacker. Ia menjelaskan bahwa tanpa disadari ketika seseorang log in pada jaringan WiFi publik, maka hacker dapat mencuri informasi pengguna dengan menggunakan jaringan yang sama. Berbagai informasi terkait dan aktivitas pengguna pada jaringan tersebut juga bisa dengan mudah direkam oleh hacker.

Hacker juga terkadang membuat jaringan WiFi publik miliknya sendiri yang dibuat mirip dengan WiFi publik di lokasi populer. Hal ini membuat hacker dengan mudahnya menggaet seseorang untuk menggunakannya. Secara tidak langsung pengguna pun memberikan data pribadinya pada hacker saat login ke WiFi publik tersebut.

Setelah pengguna terhubung pada jaringan tipuan milik hacker tersebut, maka pengguna akan diarahkan pada situs-situs penipuan atau situs yang mengandung virus. Bahkan hacker juga seringkali menipu pengguna untuk memberikan informasi penting seperti nomor kartu kredit atau informasi lainnya.

 

Sumber : okezone.com

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA