Gambar_Langit Gambar_Langit

Sebanyak 53% Responden Mudah Kenali Berita Hoax

waktu baca 1 menit
Selasa, 14 Feb 2017 13:52 0 91 Admin Pelita

JAKARTA,Pelita Sumsel – Berdasarkan survei, masyarakat tampaknya telah mengenali beberapa kemungkinan ciri dari berita yang mengandung hoax. Sebagian besar dari mereka menganggap sumber yang tak jelas menjadi indikasi paling besar.

Sebanyak 54,10% di antaranya mengaku bahwa ciri-ciri berita hoax dapat diketahui berdasarkan sumbernya. Mereka menilai bahwa sumber yang tak jelas memiliki kemungkinan besar dalam penyebaran berita hoax.

Sementara yang lainnya, berpendapat bahwa berita yang disajikan terasa aneh. Sebanyak 28,90% masyarakat memilih penilaian ini. Sisanya, menilai bahwa berita tersebut tak ada di media massa (8,50%) dan memiliki muatan terlalu bagus (8,40%).

“Adapun soal tingkat kesulitan dalam mengenali berita hoax, sebagian besar masyarakat juga ternyata mengaku mudah,” kata Ketua Bidang Strategis Mastel, Teguh Prasetya, di Jakarta (13/2/2017).

Berdasarkan paparan Teguh, dari 1.116 responden yang diberikan survei, sebanyak 53,50% mengaku mudah, 30,30% mengaku sulit, 12,80% mengaku sangat mudah dan sangat sulit.

Sementara cara responden untuk mengetahui kebenaran sebuah berita, mereka lebih banyak memeriksanya melalui internet dengan persentase 83%. Mereka juga turut menanyakan kepada orang yang dianggap kredibel sebesar 48,60%.

Selebihnya, sebanyak 44,30% dan 36,80% responden mengaku mencari kebenaran berita melalui media massa dan media sosial.

Sumber: okezone.com

 

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA