Gambar_Langit

Sumsel Siap Jadi Model Pengembangan Kerjasama Amerika Dan Sumatera

waktu baca 2 menit
Jumat, 10 Feb 2017 12:38 0 90 Admin Pelita

Palembang,Pelita Sumsel –  Gubernur Sumatera Selatan H. Alex Noerdin menerima Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera Mr. Juha P. Salin di Griya Agung Jum’at (10/02). Adapun tujuan Juha P. Salin menawarkan kepada Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel)  untuk sinergitas serta ingin berkontribusi penuh dalam membantu pembangunan di Sumsel. Kemajuan Sumsel saat ini makin dilirik di mata dunia, ini terbukti dengan banyaknya peluang investasi yang ditawarkan oleh negara-negara luar. Penjajakan kerjasama ini juga akan lebih difokuskan untuk Asian Games 2018 dan menjadikan Palembang sebagai Smart City.

Gubernur Sumsel menyambut baik penawaran Konsul Jendral Amerika atas project kerjasama , yang dimana Sumsel menjadi model pengembangan kerjasama Amerika dan Sumatera. Tentunya ini langkah yang positif, Apalagi dalam hal pembangunan Sumsel.

Tekait mengenai masalah pembangunan Sumsel dikatakan Alex, yang jadi masalah saat ini adalah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sebab  di tahun 2015 lalu, sembilan provinsi terjadi kebakaran hutan dan lahan, salah satunya Sumsel terbesar sekitar 700 hektar lebih hutan lahan hangus dan rusak terbakar. Namun 2016 Gubernur bertekat tidak ada kebakaran lagi, dengan membentuk satuan tugas kebakaran hutan dan lahan (Satgas Karhutlah) terbaik di Indonesia dan terbukti 2016 tidak ada kebakaran di Sumsel. Akan tetapi 2017 terjadi kemarau lebih panjang kemarau lebih kering, tentunya ini yang menjadi permasalahan.

” Dimohon kesediaan Amerika  untuk menolong dan bersinegi dalam menanggulangi karhutlah, tentunya ini akan mewujudkan pembangunan Sumsel juga,” harapnya

Dalam pertemuan ini juga Alex Noerdin memaparkan potensi Sumsel dari berbagai bidang serta pengembangan infrastruktur di Sumsel.

Pada kesempatan ini Juha menguraikan, Gubernur Sumsel dianggap sebagai Gubernur yang progresif dalam hal pembangunan. Sebelum berkunjung ke Tanjung Api-Api, Juha menyempatkan diri untuk melihat Jakabaring Sport City, dia mengapresiasi kerja nyata Gubernur atas kelengkapan fasilitas olahraga yang ada di Jakbaring Sport City.

Juha mengatakan Sumsel memang cocok menjadi strategi yang paling tepat untuk pengembangan kerja sama Amerika dan Sumatera, mengingat Sumsel merupakan salah satu daerah yang berkembang di Indonesia dan mampu mewujudkan langkah konkrit dalam pembangunan di Sumsel antara lain KEK TAA dan MotoGp.

Lanjut Juha,  Sumsel tidak hanya sebagai model pengembangan kerja sama Amerika dan Sumatera saja akan tetapi, dalam hal ini Juha juga akan menjembatani pengusaha-pengusaha dari Amerika Serikat baik yang ada di Asia maupun yang ada di dunia, untuk berkontribusi dalam pembangunan Sumsel. Juha juga meminta Gubernur Sumsel untuk menjadi komando langsung untuk Sumatera Selatan dalam  project kerjasama ini.

“Kami serius membantu dalam pembangunan Sumsel, Sumsel itu harus bangga dibawah komando Gubernur Sumsel yang sangat progresif dalam pembangunan,” terangnya[rill/yf].

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA