Gambar_Langit

Teleskop Untuk Menangkap Dunia Baru

waktu baca 2 menit
Jumat, 13 Jan 2017 05:30 0 398 Redaktur Pelita Sumsel
Chile, Pelita Sumsel-Penemuan planet Proxima b tahun lalu telah meningkatkan minat dalam mengeksplorasi berbagai daerah di sekitarnya. Sebuah teleskop besar di Chile diatur untuk mendapatkan perintah peningkatan pencarian dunia asing. Teleskop yang sangat besar ini akan berburu planet berpotensi dihuni di sistem bintang terdekat Alpha Centauri.
Peningkatan seperti yang di lansir mirror.co.uk (12/01/2017) ini merupakan bagian dari kesepakatan baru yang ditandatangani oleh European Southern Observatory (ESO) dan  an alien-hunting initiative oleh fisikawan Stephen Hawking.
Berbicara di Uni Oxford tahun lalu, Hawking mengatakan: “Saya tidak berpikir kita akan bertahan hidup 1.000 tahun tanpa melarikan diri di luar planet kita yang rapuh.” Ujarnya.
Terobosan Starshot ini, yang juga didukung oleh miliarder Rusia Yuri Milner, yang bertujuan untuk mengamati berbagai obyek sangat redup. Beberapa diantaranya bahkan belum mampu terlihat oleh teleskop apapun.
Diantaranya adalah melihat secara langsung exoplanet yang selama ini hanya bisa terdeteksi dari pola perubahan cahaya bintang induk. Tujuannya untuk mengetahui densitas permukaan hingga komposisi kimia atmosfer suatu eksoplanet. Hal-hal tersebut merupakan faktor-faktor sangat esensial bagi penunjang kehidupan. Singkat kata Teleskop raksasa ini akan membawa lebih dekat pada pencarian exoplanet yang benar-benar layak huni bahkan mungkin sedang dihuni!
Selain itu Teleskop ini akan melihat ke tepi terjauh alam semesta berjarak belasan milyar tahun cahaya. Mempelajari bagaimana lubang hitam dan bintang generasi pertama saling berhubungan membentuk galaksi purba. Dari galaksi purba tersebut akan dipelajari detail pola penyebaran bintang dari waktu ke waktu dalam suatu galaksi. Mempelajari bagaimana galaksi berevolusi. Juga dengan melihat ke tepi terjauh alam semesta, Teleskop ini akan mengukur kecepatan mengembang alam semesta yang lebih akurat. Mempelajari bagaimana alam semesta ini berevolusi. (fly)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA