Gambar_Langit Gambar_Langit

Bahaya Serangan Jantung Juga Incar Anak Muda, Kenali Tandanya

waktu baca 4 menit
Minggu, 25 Des 2016 02:47 0 121 Admin Pelita

PALEMBANG, Pelita Sumsel – Penyakit jantung ternyata tidak memandang usia baik itu dewasa, remaja, balita, pria atau wanita. Semua tingkat manusia dapat terserang penyakit ini. Umumnya, karena pola hidup yang kurang sehat sehingga dapat menimbulkan gejala penyakit jantung.

Kasus serangan jantung kerap menjadi momok karena menyerangnya secara tiba-tiba. Kondisi ini terjadi akibat sulitnya aliran darah menuju jantung yang ditandai dengan sesak napas, nyeri di dada, merasa lemah, dan pusing, serta sangat gelisah.

Beberapa selebritas muda Indonesia mengembuskan napas terakhirnya karena serangan jantung :

1. Mike Mohede

Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat ini sempat memiliki bobot badan yang cukup berat. Namun, pria berusia 32 tahun ini berhasil diet hingga turun sekitar 20 kilo.

Mike Mohede mengembuskan napas terakhirnya 30 menit sebelum sampai di rumah sakit. Menurut sang manajer, Indra, serangan jantung datang kala Mike tengah tertidur di kamarnya. Wajah dan badannya sudah biru saat dibawa ke rumah sakit.

2. Shasya Yunisha

Bintang sinetron berusia 25 tahun ini mengembuskan napas terakhirnya pada 15 April 2014 lalu. Shasya Yunisha meninggalkan seorang suami, dan satu buah hati.

Ferdy Ali Arnaz, sang suami menceritakan semasa hidupnya, Shasya tidak memiliki riwayat penyakit jantung. Namun empat hari sebelum kepergiannya, pesinetron Pengantin Remaja ini mengalami sesak napas, dan kejang-kejang setiap kali bangun tidur.

Ferdy tak menyangka akibat kejang-kejang itu membuat sang istri kehilangan nyawanya.

3. Irena Justine

Irena Justine meninggal dunia pada 26 Mei 2016 lalu ketika tengah menjalani syuting sebuah program acara televisi. Padahal, beberapa jam sebelum jatuh secara tiba-tiba, Irena tampak sehat.

Bahkan, kedua orangtuanya tak percaya dengan peristiwa tersebut. Mereka membantah kalau Irena yang masih berusia 23 tahun punya riwayat penyakit jantung.

4. Ade Namnung

Komedian Ade Namnung mengembuskan napas terakhirnya akibat serangan jantung pada Januari 2012 lalu, tepat diusianya ke-34 tahun. Sebelumnya, ia sempat menderita stroke dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Mitra Keluarga.

Kepergiannya begitu mengejutkan, karena sebelumnya dinyatakan sehat. Ia pun sempat menulis cuitan di akun Twitter-nya untuk mengucapkan terima kasih pada semua orang yang sudah mendoakan kesembuhannya.

Menurut catatan Yayasan Jantung Indonesia, sekitar 2 persen anak muda di negeri ini fix mengidap penyakit jantung. Rata-rata karena turunan dari orangtuanya. Lalu, apa tanda-tandanya kamu sudah punya penyakit jantung di usia muda? Simak uraiannya berikut ini.

1. Gejala sesak nafas
Bila anda mengalami pernafasan yang tidak stabil alias sesak nafas, waspadalah. Biasanya yang terkena penyakit asma. Akan tetapi serangan sesak nafas merupakan salah satu gejala dari penyakit jantung. Penjelasannya adalah apabila ada penyakit jantung kadang – kadang ada cairan yang masuk ke dalam rongga paru – paru, maka sangat mengganggu udara ketika masuk ke paru – paru hingga akhinya mengalami sesak nafas. Apabila ketika tidur atau berisitrahat, anda mengalami sesak nafas, maka anda termasuk kedalam kategori penyakit jantung kronis atau tingkat lanjut.

2. Sering pusing bahkan pingsan
Bila anda sering mengalami pusing dikepala hingga akhirnya pingsan, maka itu adalah salah satu gejala penyakit jantung. Umumnya, para penderita penyakit jantung mengalami hal itu.

3. Jantung sering berdebar-debar atau disebut Palpitasi
Gejala yang satu ini patut diwaspadai juga. Gejala jantung sering berdeyut kencang ata melemah tanpa alasan sering muncul anda harus periksa ke dokter secepatnya.

4. Gampang lelah dan pening
Bila badan sering lemah biasanya ada pasokan darah ke dalam tubuh tidak bekerja secara normal. Agar kinerja jantung anda tidak melemah alangkah baiknya periksa secara rutin dan berolah raga yang ringan. Hindari kebiasaan buruk seperti minuman keras, candu, merokok atau lainnya. Selain itu imbangilah dengan gaya hidup sehat dengan makan berbahan alami. Dan apakah ganguan pencernaan juga dapat di katakan ciri ciri penyakit jantung??

5. Gangguan pencernaan
Dalam satu studi diketahui wanita dua kali lebih mungkin mengalami muntah, mual dan gangguan pencernaan selama beberapa bulan menjelang serangan jantung dibanding pria. Kondisi ini terjadi karena sumbatan lemak di arteri akan mengurangi suplai darah ke jantung yang biasanya terjadi di dada kadang bisa muncul di perut.
Hal ini tergantung pada bagian mana dari jantung yang mengalami gangguan sehingga ia mengirimkan sinyal rasa sakit di bagian tubuh yang lebih rendah dari dada.

6. Keringat Berlebih

Beberapa penyakit jantung yang banyak dialami oleh penderita biasanya mengalami keringat berlebih atau Hiperhidrosis biasanya dialami pada area tertentu saja seperti tangan, kaki, ketiak dan terkadang wajah. Jarang sekali dialami pada seluruh tubuh. Biasanya kondisi ini dialami setidaknya satu kali dalam seminggu tanpa adanya hal atau kondisi yang mendasari (tanpa melakukan apa-apa seperti olahraga dan aktifitas lainnya).

Jika anda memiliki gejala seperti di atas, mungkin saja sekarang anda sedang terkena gejala penyakit jantung diusia muda.

Tangani dan obati sejak dini gejala penyakit jantung yang anda rasakan sebelum penyakit jantung anda menjadi semakin parah dan seiring berjalannya waktu gejala penyakit jantung akan menjadi penyakit jantung koroner, bahkan kematian.

(Berbagai sumber / dsr)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA