Unsri Tambah Satu Lagi Guru Besar

waktu baca 2 menit
Selasa, 6 Des 2016 13:49 0 64 Redaktur Pelita Sumsel

PALEMBANG, Pelita Sumsel Dilantiknya Prof Dr Mohamad Adam, S.E,M.E sebagai Guru Besar Bidang Ekonomi Manajemen periode 2016-2020. Universitas Sriwijaya (Unsri) bertambah satu lagi Guru Besar hingga saat ini sudah ada 120 orang. Pada  pengukuhannya tadi dilakukan oleh Rektor Unsri Prof Anis Saggaf di Gedung Serbaguna Program Pascasarjana Kampus Unsri, Selasa (6/12).

Tampak hadir pada kesempatan ini Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel, Joko Imam Santosa, Para Guru Besar, Para Wakil Rektor, Dekan, Keluarga dan para anggota rapat senat terbuka.

Dalam sambutannya, Plt. Sekda Provinsi Sumsel, Joko Imam Santosa mengucapkan selamat kepada saudara Mohamad Adam, atas pencapaian prestasi yang telah diraih hingga saat ini.

Ditambakannya, membaca judul tentang potensi pemanfaatan suku daerah dalam percepatan pembangunan daerah. “Bahwa salah satu tujuan pembangunan Provinsi Sumsel adalah percepatan pembangunan,”ujarnya.

Berhubungan dengan pembangunan, sambung Joko, Sumsel saat ini fokus dalam pembangunan berhubungan dengan sembilan aspek, yaitu kualitas sumber daya manusia (SDM), efisiensi dan efektivitas program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan, infrastruktur strategis (pembangunan pelabuhan, jalan, KEK TAA), infrastruktur pendukung pengembangan pertanian, perkebunan, peternakan, kelautan dan perikanan dan pariwisata.

Kemudian produksi, produktifitas nilai tambah dan pendapatan dari kegiatan pertanian, produktivitas nilai tambah dan pendapatan industri pengelola hasil pertanian dan pertambangan, UMKMK terutama akses permodalan, manajemen usaha, teknologi produksi dan pemasaran lalu pusat-pusat inovasi dan bisnis inovatif serta kerjasama riset unggulan.

“Untuk percepatan pembangunan ini, Sumsel memerlukan tenaga ahli di bidangnya. Diharapkan percepatan sembilan aspek pembangunan dapat terealisasi,” katanya.

Lanjut Joko, kewirausahaan, baik kuantitas maupun kualitas menjadi cermin kuat dan lemahnya ekonomi suatu bangsa. Tantangan utama pembangunan nasional saat ini adalah masalah pengangguran dan kemiskinan.

“Kita harapkan dengan aplikasi dari orasi ilmiah dari Prof  Mohamad Adam, dapat mengatasi masalah dibidang pembangunan ekonomi daerah, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengurangi pengangguran dan kemiskinan,” terangnya.

Sementara itu, Rektor Unsri, Anis Saggaf menyampaikan ucapan selamat kepada Mohamad Adam sebagai Guru Besar Unsri. “Semoga menjadi guru besar yang berperan aktif didalam bidang ilmunya,” tuturnya.(Ril/Jibon)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA