Besok, Kodam II/Swj Gelar Pagelaran Nusantara Bersatu

waktu baca 2 menit
Selasa, 29 Nov 2016 14:54 0 61 Redaktur Pelita Sumsel
Palembang, Pelita Sumsel-Dalam rangka meningkatkan semangat Ke Bhinneka Tunggal Ika an seluruh komponen masyarakat Indonesia agar memiliki rasa cinta tanah air, bela negara, mempererat rasa persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia di wilayah Sumbagsel, Kodam II/Swj, pada Rabu (30/11/2016) pagi menyelenggarakan Pagelaran Nusantara Bersatu yang dipusatkan di pelataran BKB (Benteng Kuto Besak) Palembang.
 
Pagelaran Nusantara Bersatu yang akan dimulai pukul 08.00 Wib ini diikuti sedikitnya 5.000 orang peserta dari berbagai kalangan/komponen masyarakat, antara lain FKPD, Ormas, Ulama, Perguruan Tinggi, Sekolah, Organisasi Pemuda, Masyarakat, Budayawan, Musisi, TNI, Polri dan Keluarga serta komponen masyarakat lainnya. Dalam Pagelaran ini, peserta menggunakan seragam organisasi dan juga menggunakan pakaian adat serta ikat kepala Merah Putih.
 
Kapendam II/Swj Kolonel Arh Syaepul Mukti Ginanjar,S.I.P menjelaskan bahwa Pagelaran Nusantara Bersatu ini dilaksanakan secara serentak dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di 5 provinsi wilayah Kodam II/Sriwijaya, yakni Provinsi Bengkulu,  Jambi, Lampung, Sumsel dan Babel. Untuk Sumsel, dipusatkan di Palembang.
 
Ditambahkan Kapendam II/Swj bahwa Pagelaran Nusantara Bersatu yang mengangkat tema : “Nusantara Bersatu, Indonesia Milik ku, Indonesia Milik mu, Indonesia Milik kita bersama, Bhineka Tunggal Ika” bertujuan untuk menggugah dan meningkatkan kesadaran komponen masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, saling menghormati sesama umat beragama serta menjaga perdamaian kepada siapapun baik di dalam maupun di luar negeri.
 
“Melalui kegiatan ini diharapkan terwujudnya Ke Bhinneka Tunggal Ika an antar komponen masyarakat bangsa dan negara Indonesia, memiliki jiwa nasionallisme yang tinggi untuk turut serta bela negara, terbangunnya rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara serta semangat persatuan dan kesatuan bangsa dan turut serta dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa Indonesia”, urai Kolonel Syaeful.
 
Pagelaran Nusantara Bersatu ini sambung Kapendam II/Swj antara lain akan diisi dengan kegiatan menyanyikan lagu Indonesia Raya, orasi Kebangsaan tentang 4 konsesnsus dasar (Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika) oleh FKPD, Tokoh Masyarakat, Tokok Pemuda dan Tokoh Agama. Kemudian, Pembacaan Puisi oleh Budayawan, Pemuda, dan Pelajar, puisi tentang : Bangsaku, Bangsamu, Bangsa Kita, Indonesia mu dan Indonesia Kita. Selain itu, juga menyanyikan lagu-lagu wajib, kegiatan Doa Bersama secara bergantian oleh tokoh Lintas Agama, serta kegiatan tambahan berupa tampilan Kesenian/Tarian Daerah, Drum Band dan Pameran Alutsista.
 
Untuk memastikan Pagelaran Nusantara Bersatu ini berjalan dengan lancer, aman dan sukses, Selasa (29/11) di BKB telah dilakukan berbagai persiapan dan geladi. Pangdam II/Swj Mayjen TNI Sudirman SH,MM didampingi sejumlah pejabat teras Kodam II/Swj tampak meninjau langsung persiapan dan geladi yang sedang dilakukan. (ril/sas)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA