Gambar_Langit

Jaga Inflasi Tetap Stabil Demi Perekonomian Sumsel

waktu baca 2 menit
Jumat, 25 Nov 2016 17:00 0 79 Redaktur Pelita Sumsel

PALEMBANG, Pelita Sumsel – Bincang sore bersama Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dengan stakeholders telah dilaksanakan hari ini (25/11) di Griya Agung. Acara yang di langsungkan pada pukul 15.30 Wib ini dihadiri kurang lebih 60 orang. pada kesempatan ini juga hadir Kapolda Sumsel Irjen Pol Djoko Prastowo, para Bupati dan Wakil Bupati seluruh Sumsel serta Sekda Sumsel H Mukti Sulaiman SH M Hum. Bincang – bincang sore ini membahas soal bagaimana bersama mengawal stabilitas harga.

Pada sambutannya, Hamid Ponco Wibowo Kepala Bank Indonesia Palembang menyampaikan bahwa Sumsel telah menjadi Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) terbaik regional. TPID adalah Tim Pelaksana yang melakukan pemantauan secara rutin perkembangan inflasi daerah dan mengidentifikasi berbagai permasalahan terkait pengendalian inflasi di level teknis.

Saat ini berdasarkan data historis, Selama ini komunitas yang selalu memberikan sumbangan terhadap inflasi di Sumsel yaitu Beras, Cabai Merah, Bawang Merah, Daging Ayam, dan Telur Ayam. lima komunitas ini harus dijaga infalasinya. Inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (continue) berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidaklancaran distribusi barang.

Inflasi berdampak baik untuk meningkatkan perekonomian Sumsel jika inflasi tidak terlalu tinggi. Infalsi juga dapat merugikan tingkat perekonomian Sumsel jika inflasi terlalu tinggi. Karena inflasi yang terlalu tinggi akan mengurangi minat beli masyarakat. Selain itu inflasi yang tinggi akan menghambat partumbuhan ekonimi dalam jangka panjang. Inflasi tertinggi yang pernah terjadi di Indonesia adalah sebanyak 77,63% pada tahun 1998.

Gubernur sumsel menargetkan bahwa Sumsel akan menjadi terbaik pertama TPID se-Sumsel 2017 dan mungkin bisa terbaik se-Indonesia. “ Perekonomian Sumsel akan tetap baik dan akan menjadi yang terbaik se-indonesia jika inflasi tetap di jaga,” ujar Gubernur Sumsel.

(ril/pohan)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA