Gambar_Langit

Inisiasi Zero Emisi, Sumsel Dapat Dukungan Masyarakat Energi Eropa

waktu baca 2 menit
Jumat, 18 Nov 2016 17:14 0 105 Admin Pelita

Spanyol, PelitaSumsel.com – Prestasi kembali dicatat orang nomor satu di Provinsi Sumatera Selatan Gubernur Alex Noerdin. Ya, usai berhasil merebut dukungan dunia tentang inisiatif kemitraan pelestarian hutan berbasis lanskap, yang telah dipublikasikan di CoP 22 Maroko. Kini di Barcelona Spanyol pada Forum Energi Eropa di Barcelona Alex Noerdin diminta memaparkan inisiatif Zero Emisi Kendaraan Hidrogen.

Pemaparan Gubernur Alex Noerdin dilakukan pada acara Utility Week yang merupakan ajang pameran inovasi baru tentang energi rendah atau zero emisi yang diikuti oleh negara-negara di Eropa yang mempunyai industri teknologi energi.

Sumsel sangat diapresiasi oleh audiensi yang hadir, dimana satu-satunya provinsi yang ada di Indonesia yang mempunyai ide dalam upaya mengimplementasikan komitmen CoP Paris 2015 yang lalu untuk secara bertahap mengurangi penggunaan energi fosil.

Dalam paparannya Alex Noerdin mengungkapkan, Sumsel bekerjasama dengan IMS Ecubes Norwegia telah merintis kerjasama penggunaan kendaraan hidrogen, suatu teknologi zero emisi yang tidak menggunakan bahan baku yang berasal dari fosil.

Menurutnya, IMS Ecubes menjadikan moment Asian Games Tahun 2018 di Jakabaring Palembang sebagai show case pengggunaan kendaraan hidrogen yang zero emisi. Komplek Jakabaring Sport City sebagai komplek olahraga yang hijau dan rendah emisi.

“Penggunaan kendaraan hidrogen ini akan dimulai pada saat berlangsungnya perhelatan Asian Games 2018,” kata Gubernur yang sukses membangun Sumsel tersebut.

Sementara, Staf Khusus Gubernur Sumatera Selatan, Najib Asmani yang hadir pada acara tersebut mengatakan, audiens di forum ini sangat memberikan apresiasi terhadap inisitif Gubernur Sumsel Alex Noerdin yang telah berpikir jauh ke depan tentang nasib generasi yang akan datang dalam mengantisipasi pemanasan global melalui kegiatan energi yang rendah atau zero emisi.

Para audiens memberikan respon dan sangat mengapresiasi keberhasilan Gubernur Alex Noerdin yang mampu mengkoordinasikan banyak aktor untuk berperan nyata terkait zero emisi,” Pungkasnya.

(ril/pohan)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA