Gambar_Langit

SWF Gelar Dialog Jaminan Kesehatan

waktu baca 2 menit
Kamis, 10 Nov 2016 10:46 0 82 Admin Pelita

PALEMBANG, PelitaSumsel.com- Lembaga Sosial Welfare Foundation akan mengelar dialog publik tentang Peluang dan tantangan integrasi  Jaminan Kesehatan Daerah (JAMKESDA) ke Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam rangka Optimalisasi peran pemda  mewujudkan Keluarga sehat, sumsel sehat, dan indonesia sehat Sabtu (12/11) nanti di Gedung DPD RI Jakabaring Jalan. Gubernur HA.Bastari No.2 Jakabaring Palembang

Direktur Sosial Welfare Foundation (SWF), Hariyono MSi menjelaskan bahwa kegiatan ini didasari mengenai sasaran penerima bantuan iuran. Program Jamkesda diselenggarakan bagi masyarakat miskin dan masyarakat tidak mampu yang belummenjadi peserta Jamkesmas bahkan pada beberapa daerah mengcover seluruh masyarakat (UHC). Besaran bantuan iuran, antara daerah satu dengan yang lainmenjadi sangat bervariasi.

“Beberapa pemerintah daerah, khususnya karena terkait dengan janji politik, telah membuat kebijakan yang melebihi kemampuan fiskal di daerahnya. Akibatnya, beberapa rumah sakit terutama RSUD terbebani piutang Jamkesda yang sulit ditagih. Dalam jangka panjang kondisi ini akan berdampak pada terganggunya cash flowrumah sakit,” Jelas Hariyono di Gedung DPD RI Jakabaring Jalan. Gubernur HA.Bastari No.2 Jakabaring Palembang Kamis (10/11)

Selain itu, Lanjut Hariyono  yang perlu diperhatikan dalam pengintegrasian sistem Jamkesda ke dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) adalah paket manfaat. Paket manfaat Jamkesda saat ini masih sangat bervariasi,tergantung pada kemampuan APBD dan komitmen pimpinan daerah terhadap masalah kesehatan.

“Paket manfaat ini menjadi isu penting mengingat pada saat pelaksanaan integrasi Jamkesda kedalam JKN, jaminan kesehatan tsb mencakup semua yang indikasi medis” Lanjutnya

Berdasar hal tersebut  Sosial Welfare Foundation dalam dialog nantinya akan hadir pembicara yaitu diantaranya,  Dr. H. Erwin Moeslimin Singadjuru, SH, MH (Anggota DPR RI), H. Abdul Aziz, SH (Anggota DPD RI),  Prof. Dr. dr. H. Fachmi Idris, M.Kes (Dirut BPJS Kesehatan), H. Harnojoyo, S.Sos (Walikota Palembang), H. M. Giri Ramandha N Kiemas, SE., MM (Ketua DPRD Prov Sumsel),  Dra. Hj. Listy Nurainy, A.Pt.,M.Kes (kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel)

“ Kegiatan ini akan dibuka langsung Pembina SWF yaitu H. Hendri Zainuddin,” Singkat Hariyono

Peserta  kegiatan Dialog Publik  ini ditargetkan sebanyak 150 orang yang terdiri dari Pemerintah Daerah, DPRD, BPJS, Dokter, Rumah Sakit, Puskesmas, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Mahasiswa, Pemuda,  Peserta BPJS penerima PBI dan non PBI, media massa dan elektronik.

(Ril/wdd)

 

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA