Gambar_Langit Gambar_Langit

Pelantikan FKUB Dan FKDM Sumsel : Upaya Cipta Kondisi Sumsel Jelang Asian Games 2018

waktu baca 2 menit
Rabu, 26 Okt 2016 17:02 0 126 Redaktur Pelita Sumsel

PALEMBANG, PelitaSumsel.com – Semangat mewujudkan cipta kondisi Sumsel bebas konflik jelang Pilkada dan Asian Games 2018 melandasi pelantikan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sumsel serta Pelantikan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Provinsi Sumsel di Griya Agung Palembang, Rabu (26/10/2016).

Gubernur Sumsel, H. Alex Noerdin langsung melantik KH. Thohlon Abd Rauf sebagai Ketua FKUB Sumsel Periode 2016 – 2021 dan Drs Ong Berlian, MM sebagai Ketua FKDM Sumsel Periode 2016-2021.

Pelantikan ini turut dihadiri Pangdam II/SWJ Mayjen Sudirman, SH. MM, Kapolda Sumsel Irjen Djoko Prastowo, Kabinda Sumsel Brigjend M Dwi Putro SH, M.AP, Ketua MUI Sumsel Prof. Aflatun Muchtar, Kakanwil Kemenag HM Alfajri Zabidi serta beberapa kepala daerah di Sumsel.

Usai pelantikan dilakukan paparan kondisi serta pemetaan konflik oleh Pangdam II/SWJ, dilanjutkan oleh Kapolda Sumsel dan Kabinda Sumsel. Dari paparan itu disimpulkan bahwa Sumsel relatif kondusif, aman dan terkendali. Namun disampaikan Kapolda Sumsel bahwa berbagai potensi ancaman terhadap stabilitas sumsel tetap ada seperti konflik lahan antara masyarakat dan perusahaan, begal, maraknya peredaran senpi dan potensi yang terbesar adalah penyalahgunaan Narkoba.

Gubernur Sumsel, H. Alex Noerdin menyampaikan dalam kata sambutannya bahwa Situasi aman dan kondusif di Sumsel menjadi tangung jawab bersama untuk menjaganya dan menjadi salah satu tugas FKUB bagaimana merangkum potensi keberagaman serta mempertahankan kondisi sumsel yang bebas konflik antar agama.

“Situasi aman di Sumatera Selatan harus tetap kita jaga, hanya dengan situasi kondusiflah kita bisa membangun dan salah satu modal sukses untuk selenggarakan Asian Games adalah terciptanya daerah yang kondusif,” kata Alex Noerdin.

Ketua FKUB Sumsel, Buya KH Thohlon Abd Rauf mengatakan akan berkomitmen menjalankan apa yang disampaikan oleh Gubernur Sumsel dalam arahannya. “Kita wajib bersyukur dan FKUB sebagai wadah membangun kesepahaman lintas agama harus memberikan konstribusi yang nyata dalam menciptkan kerukunan dan suasana harmonis didaerah kita ini,”tutupnya (wwn)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA