Gambar_Langit Gambar_Langit

Dodi Langsung Turun Tangani Karhutla Muba

waktu baca 4 menit
Senin, 19 Agu 2019 11:20 0 84 Admin Pelita

Bayung Lencir, Pelita Sumsel – Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin menginstruksikan Perangkat Daerah terkait semua turun dan membantu penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Muara Medak Kecamatan Bayung Lencir, Senin (19/8).

“Guna menanggulangi karhutla di Desa Muara Medak, saya bersama Kol.Pnb.Heri Sutrisno, S.IP (Danlanud) dan Kol. Arh Sonny Septiono (Danrem) turun langsung kelokasi bersama selain itu saya telah instruksikan pada hari sebelumnya bahwa untuk percepatan penanganan kebakaran dan mencegah kebakaran meluas untuk membentuk dua tim dari perangkat daerah terkait yang bertugas.

semua Tim terjun langsung untuk ikut memadamkan dan menyelamatkan masyarakat setempat di Dusun V dan Dusun IX yang saat ini paling terdampak karhutla,” kita Semua Turun dan kita membagi 2 Tim ke lokasi kebakaran kata Dodi

Dodi menambahkan untuk di Dusun V Desa Muara Medak diturunkan tim dari Dinas Perkebunan, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura. Sedangkan di Dusun IX Desa Muara Medak diturunkan tim dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Sosial dan Dinas Lingkungan Hidup. Selain Tim OPD yang kelapangan untuk menambah pasukan Darat kita, Selain itu pada hari ini kita bedoa serentak memohon ridho kepada Allah Swt dengan melaksanakan Sholat Istiaqo Secara Serentak baik Dihalaman kantor Pemda, Dikecamatan dan Desa Serta di ponpes ponpes yang berada dalam Wilayah Kecamatan Musi Banyuaasin

Disamping itu Dodi juga telah berkomunikasi dengan Kepala SKK Migas untuk menginstruksikan perusahan-perusahaan KKKS dan juga telah Menghimbau kepada Seluruh Perusahan Perkebunan yang berdekatan dengan lokasi kebakaran untuk ikut membantu melakukan pemadaman karhutla di Desa Muara Medak kecamatan bayung lencir

Sementara itu, Wakil Bupati Muba Beni Hernedi menginformasikan bahwa hari ini bersama Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Saya juga akan terjun langsung dengan Pak Bupati dan memantau perkembangan kelokasi karhutla serta mengkoordinir penanganan yang dilakukan jajaran Pemkab Muba dilapangan dan berkoordinasi dengan Para Pihak Termasuk dengan Pemprov Jambi untuk memberikan dukungan penanggulangan karhutla, karena lokasi kebakaran berbatasan dengan Jambi” dan kita ada MOU untuk Itu ujar Beni.

Terkait arahan Pimpinan , Staf Ahli Bupati Haryadi Karim mengatakan telah berkoordinasi dengan Pemprov Jambi untuk membantu penanganan dikarenakan lokasi berbatasan dengan Provinsi Jambi. “Sesuai arahan , Saya sudah komunikasi dengan Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jambi. Mereka siap bantu dan dalam dua hari ini akan ada penambahan helikopter untuk melakukan Water Boombing (WB),” ujar Haryadi.

Sedangkan, Sekretaris.Daerah Muba Apriyadi meminta Camat Bayung Lencir untuk segera melakukan tindakan evakuasi warga. “Saya sudah instruksikan Camat Bayung Lencir untuk segera mengevakuasi warga ke tempat yang aman. Dan meminta Dinas Sosial untuk segera membangun tenda pengungsian dan dapur umum”, ujar Apriyadi.

Menindaklanjuti arahan Sekda Muba, Camat Bayung Lencir Achmad Toyibir mengatakan meminimalisir dampak karhutla khusus warga yang berdekatan dengan lokasi kebakaran “Kami telah mengungsikan warga yang tediri dari sembilan keluarga. sementara ditampung di rumah Kepala Desa Muara Medak. dan pada hari ini bersama Tim Pemkab Muba membangun tenda pengungsian beserta dapur umumnya,” dapur umum dipergunakan baik untuk tim dan pemgungsi ujar Toyibir.

(Plt) Kepala Dinas Sosial Ahmad Nasuhi Tim Tagana dinsos telah berkordinasi dengan tim dilapangan dan camat bahwa TIM segera membangun Tenda-tenda dan Dapur Umum hari ini untuk antisipasi warga yang mengungsi termasuk Akan memberikan Paket Sembako kepada warga yang terdampak jelas Nasuhi.

Selain itu Tim Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Thamrin mengatakan telah menggerakan personilnya ke lapangan. “Saya sudah instruksikan semua Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) untuk membantu petugas di lapangan,” selain itu kita telah siapkan logistik sebanyak 15 TON Beras jika diperlukan langsung dapat distribusakan kelokasi terdampak karhutlah ujar Thamrin.

Terpisah, Kabag Kesejahteraan Rakyat Muba Opi Palopi mengatakan membenarkan bahwa sesuai instruksi Bapak Bupati Selain pemadaman kebakaran di lapangan bekerja maksimal, Jajaran Pemkab Muba bermohon kepada Sang Pencipta Allah Tuhan Yang Maha Kuasa kiranya dapat diturunkan hujan. “Pada hari ini senin jam 07.00 Wib (pagi hari) telah digelar Sholat Istisqa di Halaman Kantor Bupati Muba, dihadiri dan diikuti oleh semua ASN, Tenaga Kontrak dan masyarakat Muba. Termasuk juga kami telah menghimbau agar diseluruh mesjid dalam wilayah Muba dapat menggelar Sholat Istisqa. Kita bermunajat kepada Allah SWT agar segera diturunkannya hujan. Sehingga dampak karhutlah tidak semakin meluas,” dan Tim Karhutlahbun dilapangan Diberi kekuatan dan kesehatan sehingga mampu melaksanakan Tugas Mulia ini dengan baik ujarnya (YF)

LAINNYA