Gambar_Langit Gambar_Langit

Sat Pol PP Gencar Tertibkan Anjal Yang Berkeliaran Di Baturaja

waktu baca 2 menit
Rabu, 14 Agu 2019 20:00 0 125 Admin Pelita

OKU, Pelita Sumsel – Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) OKU gencar melakukan operasi penertiban anak jalanan (Anjal) dan pengemis yang berkeliaran di bumi sebimbing sekundang, hal ini diungkapkan oleh Kasat Pol PP dan Linmas OKU Agus Salim S.Sos MM didampingi Kabid Trabtib Sofyan SE saat dibincangi diruang kerjanya, Rabu siang (14/8).

Dikatakan Agus, razia anjal ini dilakukan untuk menjaga ketertiban, keindahan dan kenyamanan Kota Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), bahkan pada bulan Agustus ini razia penertiban dilaksanakan setiap waktu.

“Kalau biasanya banyak namun setelah kita gencarkan razia, saat ini anjal dan pengemis sudah berangsur berkurang,” katanya.

Menurut Agus, para anjal dan pengemis ini sangat menganggu masyarakat, bahkan mereka kerap membuat ulah jika tak diberi uang saat mengamen dilampu merah, jika dibiarkan tentunya dikhawatirkan tindakan Anjal dan pengemis ini akan mengarah kepada tindakan kriminalitas.

“Sekarang anjal ini sudah elit semua, kalau dulu mereka jalan kaki, sekarang mereka sudah pakai sepeda motor dan kucing-kucingan dengan petugas kita,” tuturnya.

Para anjal ini lanjutnya kebanyakan berasal dari lokal atau daerah OKU, hal ini lah menjadi salah satu kendalan Pol PP OKU sebab tidak ada efek jera untuk mereka, setelah ditertibkan anjal ini akan kembali turun kejalan. “Kebanyak mereka ini korban salah pergaulan yang ingin hidup bebas,” ujarnya.

selain untuk ketertiban dan kenyaman razia anjal ini disebutkan Agus, juga untuk mewujudkan OKU menjadi Kabupaten layak anak yang didengungkan oleh Bupati OKU Drs Kuryana Aziz, salah satu indikatornya yakni anak dibawah umur tidak dipekerjakan seperti anjal yang berkeliaran dijalan, tidak ada kekerasan terhadap anak dan liannya.

“Insyallah OKU menjadi Kabupaten layak anak, serta menjadi OKU yang aman, nyaman dan indah. Makanya kita gencar melakukan penertiban anjal,” tandasnya (KBT).

LAINNYA