Gambar_Langit Gambar_Langit

Resmikan Rumah Tahfidz di LP Anak, Deru: Peran Orang Tua Sangatlah Penting

waktu baca 4 menit
Selasa, 23 Jul 2019 16:47 0 117 Putra Pamungkas

Palembang, Pelita Sumsel – Di bawah kepemimpinan Gubernur Sumsel H. Herman Deru, Provinsi Sumsel terus gencar dalam melakukan terobosan guna menjadikan Sumatera Selatan luar biasa. Kali ini, melalui TP PKK Sumsel-Kerukunan Perempuan Pensiunan Sumsel (KPPS) bekerjasama dengan Rumah Tahfidz Ki Marogan, Pemrov Sumsel buka Cabang Rumah Tahfidz pertama di Indonesia yang berlokasi di dalam Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA).

Peresmian tersebut dilakukan bertepatan dengan hari anak nasional 2019, di LPKA Klas I A Palembang, Selasa (23/7) pagi. Menurut Herman Deru pembukaan rumah tahfidz yang berbarengan dengan peringatan hari anak nasional 2019 sangat menggetarkan hati tak terkecuali baginya sebagai orang tua. Melalui moment ini Ia berharap anak-anak lembaga pembinaan dapat mengevaluasi dan merestorasi diri menjadi pribadi yang lebih baik ke depan.

“Acara ini menggetarkan hati kita sebagai orang tua. Kalau anak-anak ini ditanya pasti tidak ada yang bercita-cita mau masuk di sini. Tidak ada yang bisa disalahkan yang penting sekarang bagaimana kita membina anak-anak ini menjadi lebih baik di masa pertumbuhannya,” ungkap Deru, Selasa (23/07).

Deru mengatakan, semua yang dilakukan para anak-anak bukan selalu pada pengaruh perekonomian semata, tindakan yang anak-anak lakukan terkadang juga dipengaruhi oleh faktor pengetahuan yang diberikan oleh orang tua, baik itu dari sisi ilmu agama para orang tua hingga ilmu hukum dan lain sebagainya.

“Di sinilah peran kita mengisi kekurangan anak-anak dengan pembinaan. Kami dari Pemerintah akan memfasilitasi sekuat tenaga asal anak-anak ini mau berbenah,” tegasnya.

Menurut Deru, pendirian rumah tahfidz ini merupakan salah satu program Pemprov untuk pembinaan mental dan akhlak anak-anak binaan di LPKA Klas I Palembang, dengan harapan, setelah mereka selesai dibina dapat kembali lagi berbaur dengan masyarakat sebagai manusia yang seutuhnya.

Tak terbatas di LPKA saja, pendirian Rumah Tahfidz ini kata Herman Deru akan diperbanyak di Sumsel hingga satu desa minimal memiliki satu rumah tahfidz sesuai visi misi HDMY.

“Dengan mengucap Bismillah saya resmikan rumah tahfidz At Taubah ini di LPKA Klas I Palembang agar menjadi bekal di masa mendatang bagi anak-anak generasi bangsa yang tersangkut masalah hukum ini,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkum HAM, Sudirman D Hury mengatakan, bahwa saat ini jumlah anak di LPKA Klas I Palembang telah mencapai 109 orang, yang terdiri dari anak usia SD, SMP hingga SMA.

“Anak-anak ini punya karakter beda dengan orang dewasa. Jadi kita harus memberikan perhatian sendiri termasuk saat anak berhadapan dengan hukum. Anak adalah amanah punya harkat dan martabat makanya harus dilindungi khusus. Saat ini ada 109 anak didik yang bermasalah. Anak-anak ini kami didik dan bina sesuai dengan program program unggulan salah satunya masuk Napi keluar Santri dan program one day one juz,” terangnya.

Sebagai LPKA terbaik di Indonesia dan menjadi rujukan LPKA lainnya, pihaknya kata Sudirman terus melakukan peningkatan program bagi anak-anak ini. Termasuk bekerjasama dengan sejumlah sekolah dari SD hingga SMA.

“Kita juga diundang bulan Agustus nanti di Jambore anak-anak binaan se Indonesia di Tangerang. Kami bersyukur sekali pak Gubernur mau membantu keberangkatan ini karena kebetulan sebelumnya kami kesulitan dana untuk mengirim anak-anak ini kesana,” jelasnya.

Diketahui, selain dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumsel, Sudirman D Hury, peremian tersebut juga dihadiri Ketua TP PKK Sumsel Hj Feby Deru yang sekaligus ikut menyerahkan bantuan puluhan eksemplar Al Quran.

Hadir juga Kepala LPKA Klas I Palembang Wahyu Hidayat, Asisten I Pemerintahan dan kesra Pemprov Sumsel Akhmad Najib, Ketua PKBI Sumsel Amitul Husni, Duta Literasi Sumsel Hj Percha Leanpuri, Kerukunan Perempuan Pensiunan Sumsel Hj Zamroh Satar, Tokoh masyarakat Muhammad Yasser.

Tak hanya menandatangi piagam peresmian Rumah Tahfidz At Taubah LPKA Klas I Palembang Cabang Rumah Tahfidz Ki Merogan, serta membantu dana keberangkatan anak-anak Jambore Agustus mendatang. Guna melengkapi fasilitas belajar anak didik ini Gubernur Sumsel juga memberikan bantuan alat musik dan 3 unit komputer. (yf/ril)

LAINNYA