Gambar_Langit Gambar_Langit

Tingkatkan Kapasitas Aparatur Desa, Ini yang Dilakukan Bupati Muba

waktu baca 3 menit
Rabu, 17 Jul 2019 13:48 0 70 Admin Pelita

Bintek Peningkatan SDM Kapasitas Apatur Desa dan BPD untuk memajukan Desa Di Muba

Bogor, Pelita Sumsel – Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa untuk perangkat desa di Kabupaten Musi Banyuasin terus dimaksimalkan Bupati Muba Dodi Reza. Sebagai daerah yang kaya akan sumber daya alam, Bupati Muba Dodi Reza ingin juga diimbangi dengan kualitas sumber daya manusia yang baik terutama di kalangan perangkat desa.

Upaya tersebut dilakukan Bupati Muba dengan mengundang tiga narasumber berkompeten yakni diantaranya Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Desa Kementerian Desa (PDDT) Budiantoro MBA, Dosen Pascasarjana STIA-LAN Dr Nita Muriyawati SSos MSi, dan Direktur SDM Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Negara (LPPAN) Dr Azharisman Rozie MSi untuk memberikan materi kepada perangkat desa di Musi Banyuasin yang terdiri dari Kepala Desa dan BPD di Hotel Green Resort Bogor 16-19 Juli 2019.

“Tantangan Kepala Desa dan BPD ke depan ini makin kompleks, oleh sebab itu peningkatan kapasitas aparatur desa terus ditingkatkan dan belajar dengan orang yang tepat di bidangnya,” ujar Kandidat Doktor Universitas Padjajaran tersebut saat membuka Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Tahun 2019, Selasa (16/7/2019) di Hotel Green Resort Bogor.

Lanjutnya, ke depan alokasi dana desa di Musi Banyuasin akan terus meningkat dan oleh sebab itu manajemen dan pengelolaannya juga harus dilakukan dengan baik salah satunya dengan bimbingan teknis peningkatan kapasitas SDM pengelola dan manajemen membangun desa bersama BPD desa masing. Masing sehingga dapat bersinergi dalam pembangunan desa kedepanya.

“Tahun 2020 itu saya targetkan tiap Desa di Muba dapat alokasi Rp2 Miliar untuk dana desa, jadi ini nantinya benar-benar dikelola dengan baik dan memberikan kontribusi yang baik untuk kemajuan desa masing-masing,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur SDM Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Negara (LPPAN) Dr Azharisman Rozie MSi mengaku takjub dengan keseriusan Bupati Muba Dodi Reza memajukan desa di Muba dengan memaksimalkan pelatihan untuk peningkatan SDM khususnya di kalangan perangkat desa.

“Saya takjub dan kagum dengan pak Bupati Dodi Reza, membawa ratusan perangkat desa bersaman dengan BPD untuk peningkatan kapasitas terutama dalam pengelolaan dan manajemen membangun desa. Baru pak Dodi ini Kepala Daerah yang kami nilai sangat serius untuk memajukan daerah dan meningkatkan SDM,” daerah lainya yang melakukan giat yang sama yang kami bimbing tidak seperti MUba, karena Muba sekaligus mengajak perangkat desa dengan BPD sehingga perangkat desa dan BPD dapat bersinergi untuk membangun desa masing masing akan lebih baik kedepanya dari daerah lainya ulasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Richard Cahyadi mengatakan pada kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Tahun 2019 ini diikuti sebanyak 230 perangkat desa dari tiga Kecamatan yakni diantaranya Kecamatan Lalan, Plakat Tinggi, dan Sungai Keruh.

“Bimbingan Teknis ini dilakukan secara bertahap untuk seluruh Kecamatan di Muba yang diikuti oleh seluruh perangkat desa,” ungkap Richard.

Dalam kegiatan ini, lanjut Richard seluruh peserta Bimtek juga akan kunjungan ke Desa Sukamana Kabupaten Bogor. “Kunjungan ini juga akan belajar mengenai upaya untuk meningkatkan pendapatan desa di wilayah Muba,” pungkasnya.

Dalam kesempatan membuka Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Tahun 2019, Bupati Muba Dodi Reza Alex turut didampingi Kepala Inspektorat Muba Aidil Fitri, Kasatpol-PP Joni Martohonan , Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Herryandi Sinulingga, Kepala BPPRD Muba Riki Junaidi Plt kabag Kabag humas Yettria dan Plt Kabag Protokol Rangga Perdana Putera. (*/WH)

LAINNYA