Gambar_Langit

KNPI OKU Timur Dorong Pemuda Untuk Aktif Membangun Desa 

waktu baca 2 menit
Selasa, 16 Jul 2019 15:04 0 117 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten OKU Timur mendorong para pemuda di desa agar menjadi motor penggerak pembangunan, serta memberikan informasi-informasi yang bermanfaat ke masyarakat.

Untuk mendukung terwujudnya Pemuda penggerak pembangunan tersebut, KNPI OKU Timur sendiri dalam waktu dekat akan membentuk Kader Pemuda Pembangun Desa di seluruh desa se-OKU Timur. Salah satu tujuannya untuk berpartisipasi dalam mengawas penggunaaan dana desa agar pembangunan tepat sasaran.

“Itu sudah masuk dalam prgram kerja kita, dan secepatnya akan kita bentuk. Mereka nanti akan memberikan informasi tentang pembangunan di desa, dan akan turut berpartisipasi aktif mengawal penggunaan dana desa,” kata Ketua KNPI OKU Timur Fenus Antonius, di Martapura, Selasa (16/7).

Lanjut Fenus, besarnya alokasi dana desa (ADD) dan dana desa (DD) yang disalurkan pemerintah setiap tahunnya, membutuhkan pengawalan dalam penggunaannya. Karena anggaran itu, jelas peruntukannya untuk pembangunan desa dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Pemuda bisa bekerja sebagai pengawas penggunaan anggaran yang dialokasikan ke desa. Dalam APBDes sudah jelas kegiatan yang akan dilaksanakan dalam satu tahun. Dan itu perlu diawasi dan didorong pemanfaatannya sehingga tepat sasaran,” ujar Fenus

Terkait pemanfaatan perkembangan teknologi saat ini Fenus berpesan agar memanfaatkan kecanggihan teknologi secara bijak serta sebagai tempat menyebarkan informasi yang bermanfaat.

“Contoh dalam memanfaatkan tekhnolgi dengan bijak, aktif memberikan informasi penanganan maupun pencegahan hama kepada para petani. Itu bisa dilakukan, cukup banyak artikel dari sumber terpercaya bisa diakses melalui ponsel pintar. Informasi itu bisa disebarkan untuk diaplikasikan agar bisa dirasakan manfaatnya,” ungkap Fenus. (fah)

LAINNYA