Home / DAERAH / OKU RAYA / OKU / Peringatan Hari Lahir Pancasila Di PN Baturaja Berlangsung Hikmad

Peringatan Hari Lahir Pancasila Di PN Baturaja Berlangsung Hikmad

OKU, Pelita Sumsel – Peringatan hari lahir pancasila di Pengadilan Negeri (PN) Baturaja berlangsung hikmad dan lancar, Upacara yang dilaksanakan di halaman depan gedung PN Baturaja ini dipimpin langsung oleh Ketua PN Baturaja, Dennie Arsan Fatrika SH MH serta dihadadiri oleh seluruh hakim dan pegawai PN Baturaja.

“Kita juga kehadiran tamu-tamu Hakim dari luar PN Baturaja yang kebetulan sudah mudik ke Baturaja ada yang juga yang hanya trnasit (mampir red) ikut upacara bersama kita,” Kata Dennie.

Disebutkan Dennie Hakim-hakim tersebut diantaranya, Hakim PN Pangkal Balai, PN Padang, Pengadilan Tingi Manado, PN Serang, Wakil Ketua PN Muaraenim, serta ada juga dari pengadilan Militer (Dilmil) Palembang.

“Di MK Diberlakukan untuk mengikuti upacara hari pancasila, tapi karena menjelang libur lebaran Hakim diperbolehkan mengikuti upacara didaerah lain, yang penting ada absen tertulis dan diketahui ketua setempat,” Katanya.

Dikatakan Suami dari Mega Arsan, sesuai dengan sambutan tertulis Ketua Badan Pembjna Ideologi Pancasila RI, Hariyono,
Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para “pendiri bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.
Walaupun lanjutnya kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila.

“kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila. “NKRI masih beridiri kokoh meskipun kita terdiri dari ribuan etnis budaya dan bermacam suku berkat pancasila,” Katanya.

Dikatakan Dennie, Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.

“Tiap hari lahir pancasila harus kita peringati, sudah begitu besar pengorbanan pendiri bangsa untuk mempertahankan Panacasola yang menjadi ideologi negara. Saat ini kita harus lebih memaknai pancasila ini, sebagai generasi penerus kita wajib meneruskan, memperjuanhkan dan membangun bangsa ini,” Tandasnya (KBT).

Bagikan Ini Di :