Gambar_Langit Gambar_Langit

Warga Banyuasin Antusias Nobar Film G 30 S/PKI

waktu baca 3 menit
Jumat, 22 Sep 2017 15:17 0 116 Redaktur Pelita Sumsel

Banyuasin, Pelita Sumsel-Ratusan warga Desa Gelebak Dalam Kec. Rambutan Kab. Banyuasin antusias nonton bareng (Nobar) pemutaran film pengkhianatan gerakan 30 September atau yang lebih dikenal dengan G.30.S/PKI bertempat di halaman Balai Desa pada Kamis malam(21/09/17) yang dimulai pukul 19.30 WIB.

Pemutaran film G.30.S/PKI yang diprakarsai oleh Korem 044/Garuda Dempo atas perintah Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo ini ditonton lebih dari 300 orang, dengan antusiasnya warga datang sebelum acara dimulai dan memenuhi tempat yang disediakan oleh Kades Gelebak Dalam.

Kades Gelebak Dalam Hendri Sani yang merupakan mitra Korem 044/Garuda Dempo menyampaikan, pemutaran film tersebut sengaja dilakukan untuk memberikan wawasan kebangsaan gambaran sejarah kepada warga masyarakatnya tentang tragedi yang pernah mewarnai perjalanan bangsa Indonesia. “Kami ingin warga kami khususnya generasi muda tetap berwawasan kebangsaan Indonesia serta Pancasila. Semoga tetap dipegang teguh dan tidak melupakan sejarah,” ujarnya.

Ditambahkan Kades, antusiasme warga Desa Gelebak Dalam dan sekitarnya cukup terasa, karena meskipun acara terkesan mendadak, jumlah warga yang hadir mencapai ratusan orang. “Acara nonton bareng ini dilakukan beru kemaren (Rabu) saya terima CD film dari Kasiter Korem, dan malam ini saya ajak warga untuk nonton, alhamdulillah warga menyambut senang, karena acara seperti ini (nonton bareng) jarang dilakukan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasiter Korem 044/Gapo Letkol Inf Feridian Prabawa, S.H. membenarkan adanya kegiatan nonton bareng yang dilakukan warga Desa Gelebak Dalam. Pihaknya mengaku hal tersebut adalah keinginan dari kepala Desa yang didukung oleh warganya. “Itu adalah keinginan dari masyarakat Desa Gelebak Dalam, kemaren Kadesnya ke kantor minta CD film G.30.S/PKI dan malam tadi (kamis malam) di putar di halaman Balai Desa. Ya, intinya untuk mengenalkan kepada warganya khususnya generasi muda untuk tidak melupakan sejarah,” katanya.

Seorang warga Desa Gelebak Dalam, Bapak Sarmin (51 tahun) menuturkan, bahwa ia sangat berterima kasih kepada Kades yang telah memfasilitasi dengan Korem 044/Gapo untuk pemutaran film G.30.S/PKI. “Kami sangat antusias dengan film ini karena sangat berguna bagi masyarakat umum dan anak-anak.  Mudah-mudahan acara ini bisa berlanjut terus ke depan, dengan melihat film ini dapat mengenang para pahlawan yang telah gugur dan dapat menggugah masyarakat apa arti film sejarah PKI ini ”, terang Pak Sarmin.

Bapak Jakaria (38 tahun) salah seorang warga yang baru pulang dari Kota dan sebelumnya tidak mengetahui ada acara Nobar di kampungnya mengatakan “Saya kira ada apa dikampung kok rame-rame, rupanya ada acara nonton bareng film G.30.S/PKI, dan saya langsung nonton serta merasa berterima kasih sekali bisa menyaksikan film ini yang sudah lama tidak tayang lagi” terangnya.

Dia juga menambahkan bahwa saya sangat senang, saya melihat dijaman sekarang ini kasihan anak-anak kita yang tidak mengetahui sejarah. “Betapa bagus film ini dan manfaatnya begitu besar, terdapat kejadian yang sangat mengerikan di negeri ini dan alangkah baiknya diadakan setiap tahun agar anak-anak mengetahui sejarah yang sebenarnya”, kata pak Jakaria.(ril/yf)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA