Gambar_Langit Gambar_Langit

Standar Pelayanan Minimal Pendidik Dasar di Palembang

waktu baca 4 menit
Kamis, 31 Agu 2017 00:38 0 94 Redaktur Pelita Sumsel

Palembang, Pelita Sumsel-Guna Demi Meningkatkan Standar Pelayanan Pendidikan Dasar Kepada Pemangku Kepentingan dan Dunia industri atau usaha Kota Palembang tahun 2017. Pemerintah kota palembang melalui Dinas Pendidikan menggelar acara Sosialisasi Roadmap Standar Pelayanan Minimal (SPM)  Pendidikan Dasar (Dikdas), acara berlangsung di ruang meeting hotel excelton Palembang,  yang di ikuti 250 peserta tingkat SD/MI dan SMP/Mts Di seluruh perwakilan 19 kecamatan kota palembang,dan  Acara sosialisasi ini pun berjalan lanca

 

 

Walikota Palembang,  H. Harnojoyo yang di wakilkan oleh Asisten bidang perekonomian dan pembangunan pemerintah kota palembang, Ir. Darma Budhy mengatakan, sosialisasi standar pelayanan minimal (SPM) pendidikan dasar bagi para pemangku kepentingan dan dunia usaha industri di kota Palembang adalah sosialisasi ini dilaksanakan untuk meningkatkan pencapaian kesepian di daerah khususnya kota Palembang

 

“nantinya dapat melahirkan kesepahaman dan komitmen bersama dalam mewujudkan pencapaian SPM pendidikan dasar,” Kata budhy saat membuka acara tersebut. di hotel the excelton.  Rabu (30/8/2017)

 

 

Dikatakan dia, mengingat SPM dinas pendidikan dasar, merupakan tolak ukur kinerja pelayanan pendidikan dasar sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 tentang standar pelayanan minimal bahwa penyelenggaraan pendidikan dasar sesuai SPM merupakan kewenangan dan tanggung jawab pemerintah Kabupaten Kota Selain itu sosialisasi ini juga

 

“Acara ini bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kepedulian masyarakat dunia usaha dunia industri BUMN dan BUMD yang ada di kota Palembang guna memecahkan berbagai permasalahan yang terkait dengan pemenuhan serta pemenuhan standar pelayanan minimal,” jelasnya.

 

 

Selain itu juga,  penyelenggaraan pendidikan dasar sesuai desain merupakan kewenangan dan tanggung jawab pemerintah.”maka saya mengharapkan seluruh peserta dapat Mengikuti sosialisasi ini. saya atas nama pemerintah kota Palembang sangat merespon dan mendukung implementasi SPM Dikdas dalam rangka pengintegrasian ke dalam dokumen perencanaan juga anggaran keuangan daerah sehingga peningkatan perbaikan disertasi infrastruktur pendidikan seperti alat penunjang kegiatan belajar dan mengajar untuk  kemajuan buku pendidikan di kota Palembang,”ujar budhy.

 

 

Budhy mengharapkan,  ke depan dapat terwujud untuk itu Mari kita sama-sama bekerja memberikan pelayanan yang Prima kepada masyarakat terutama di dunia pendidikan dasar melalui penyusunan ini dengan data data yang relevan selaras dengan rpjmd kota Palembang dengan Dinas Pendidikan Kota Palembang.

 

 

“saat ini kita ketahui Apa saja indikator yang akan dipenuhi oleh sebab itu semua pemangku kepentingan yang berkaitan dengan pendidikan Harus dilibatkan dalam penyusunan rumah tersebut karena di dalam rumah ini akan tergambar kondisi kota Palembang dan sejauh mana capaian indikator SPM yang telah dipenuhi dan dibantu oleh BUMN dan BUMD serta pelaku dunia islam industri lainnya yang ada di kota Palembang sehingga dapat ikut serta berpartisipasi Membangun dunia pendidikan Sesuai dengan standar pelayanan minimal pendidikan dasar demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan dengan sosialisasi,” tukasnya

 

 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, H. Ahmad Zulinto Spd MM yang di wakilkan oleh Sekretaris Disdik Karim Kasim  Menjelaskan Standar Pelayanan Minimal (SPM) adalah ketentuan tentang jenis dan mutu pelayanan dasar yang merupakan urusan wajib daerah yang berhak di peroleh setiap warga negara secara minimal. “Tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk menjamin bahwa di setiap sekolah dasar/madrasah ibtidayah dan sekolah menengah pertama/madrasah tsanawiyah tersedia kondisi minimal untuk berlangsungnya proses belajar mengajar yang berkualitas,”ujarnya saat Membuka acara tersebut di hotel the excelton.  Rabu (30/8/2017)

 

 

Dijelaskan Dia, standar pelayanan minimal (SPM)  Dikdas mencakup pelayanan berupa sarana dan prasarana pendidikan yang layak,  pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas dan berkompoten,  kurikulum yang baik, penjaminan mutu yang baik.

 

“Selain itu juga peran khusus masyarakat dalam SPM Dikdas itu sangat penting sekali,  contohnya membantu komite sekolah menjalankan perannya dalam upaya pemenuhan SPM Dikdas,  mendukung rencana/program/kegiataan yang di laksanakan sekolah dalam upaya pemenuhan SPM Dikdas, serta melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan program sekolah yang lebih maju,”jelasnya.(PUTRA)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA