Gambar_Langit

Tugu Belido Jelang Lebaran Terpasang

waktu baca 2 menit
Minggu, 28 Mei 2017 18:36 0 104 Redaktur Pelita Sumsel

Palembang, Pelita Sumsel-Pembangunan patung tugu belido yang tengah dilakukan di Boyolali sejak beberapa bulan lalu, hingga kini sudah dalam tahap finsihing. Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Sudirman Tegoeh memastikan patung Iwak Belido dengan berat sekitar 2 ton ini akan segera diangkut ke Palembang menjelang Lebaran Idul Fitri 1438 H.

 

“Pembuatan patung belido ini sudah sekitar 65 persen tinggal tahap finishing jadi dipastikan segera kita angkut ke Palembang. Kalau bisa sebelum lebaran itu sudah tahap pemasangan di Benteng Kuto Besak (BKB),” tuturnya saat diwawancarai, Minggu (28/5).

 

Ia menjelaskan, pembangunan patung belido ini dilakukan di Boyolali dikarenakan agar kualitas dari patung ini lebih bagus, mengingat Boyolali memiliki para ahli dibidang pembuatan patung ini.

 

“Ini kan merupakan salah satu aset yang akan menjadi ikon Kota Palembang. Jadi segala bentuk pembangunannya itu harus benar-benar kita pikirkan termasuk kualitasnya,” ulasnya.

 

Ia menambahkan pengangkutan patung yang terbuat dari perak dan tembaga ini nanti akan menggunakan truk tronton. “Kita pastikan keamanannya, safety patungnya agar tidak terjadi kerusakan hingga sampai ke Palembang itu yang kita utamakan. Setelah sampai di Palembang nanti akan langsung kita pasang sebab pondasi untuk pemasangan patung ini sudah siap disana,” tukasnya.

 

Seperti diketahui, Pembangunan tugu belido dengan mencapai tinggi 12 meter ini sudah berlangsung sejak pertengahan tahun 2016. Dimana groundbreaking sudah dilakukan sejak September 2016 dengan menggunakan dana CSR dari PT BA.

 

Salah satu warga Jalan Papera Tria (23) saat berkunjung di BKB mengungkapkan, sudah tidak sabar melihat bentuk asli patung tugu belido yang digadang-gadang akan menjadi salah satu ikon Palembang dan meramaikan kawasan BKB tersebut.

 

“Iyo penasaran nian, sebesar apo nian tugu belido pengen lihat langsung. Kalo udah sampe sini mau foto langsung, dak usahlah foto sama Merlion yang di Singapura kalau lah ado Tugu Belido disini,” ucapnya (ra)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA