Gambar_Langit Gambar_Langit

Mengulang Sukses, Kanwil Sumsel Babel kembali gelar door to door

waktu baca 3 menit
Jumat, 28 Apr 2017 11:43 0 95 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung (Sumsel dan Kep. Babel) kembali melakukan kegiatan door to door . (Rabu, 26/04/17)

Kegiatan yang digelar serentak di seluruh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama selain bertujuan untuk penggalian potensi dan peningkatan kepatuhan wajib pajak juga untuk menyampaikan surat himbauan peningkatan pembayaran PPh Final PP 46.

Secara umum, maksud dan tujuan PP No 46 Tahun 2013 ini adalah memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melaksanakan kewajiban perpajakannya. Pada sisi pemerintah ingin masyarakat ikut berpartipasi dalam pembangunan negara. Seperti yang kita ketahui salah satu modal pembangunan negara adalah dari sektor pajak. Jadi dengan berlakunya peraturan ini diharapkan penerimaan dari sektor pajak menjadi meningkat.

Kepala Bidang Keberatan Banding dan Pengurangan Kanwil DJP Sumsel dan Kep. Babel Saefudin yang ditemui di salah satu lokasi door to door mengatakan bahwa diadakannya acara ini adalah untuk mengingatkan seluruh Wajib Pajak tentang kewajiban pelaporan SPT Tahunan dengan benar dan tepat waktu.

“sudah kita buktikan, pada waktu masih adanya Amnesti Pajak masyarakat dan responnya sangat baik,” tegas Saefudin

Door to door ini dilakukan dengan mendatangi langsung ke lokasi tempat usaha, mengumpulkan informasi di lapangan, malakukan update profil wajib pajak, dan menghimbau wajib pajak untuk meningkatkan pembayaran pajak sesuai dengan kewajiban sebenarnya. Wawancara kepada pemilik atau pegawai serta pengambilan foto lokasi usaha dan geo-tagging. Dengan cara tersebut pengumpulan informasi dan keluhan masyarakat wajib pajak dapat dijembatani.

Tim yang diterjunkan melakukan penyisiran di wilayah Palembang berasal dari KPP Pratama Palembang Ilir Timur (PIT) menyisir wilayah di sepanjang jalan Veteran, KPP Pratama Palembang Ilir Barat (PIB) di Jl. Radial, Angkatan 45, Proklamasi, Karya Baru, Putri Selako, Puncak Sekuning serta Lenan Jaimas, sementara itu untuk KPP Pratama Palembang Seberang Ulu mengadakan penyisiran di sepanjang jalan Ahmad Yani, Palembang.

Dari Kepulauan Bangka Belitung, KPP Pratama Bangka bekerjasama dengan Kantor Penyuluhan, Pelayanan, Konsultasi Perpajakan (KP2KP) di wilayahnya. KP2KP Toboali melakukan kegiatan door to door di sepanjang jl. Jend. Sudirman, Toboali. Hasilnya, petugas masih mendapati pelaku usaha tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Pantauan dari KP2KP Manggar selain melalukan kegiatan door to door juga membagikan celengan pajak untuk kemudahan pembayaran pajak dengan hanya menyisihkan 1% dari omset kedalam celengan tersebut, juga peluncuran program TOP (Tanya Orang Pajak) dan BOS (Billing Order Service) untuk kemudahan masyarakat wajib pajak dalam memahami pajak dan membayar pajak.

Semangat para petugas door to door terlihat di KPP Pratama Lubuk Linggau, hujan deras tidak menyurutkan semangat mereka untuk memberikan informasi seluas-luasnya tentang pajak. Berpindah ke Muara Enim, masyarakat menyambut baik kehadiran para petugas pajak dan bahkan meminta untuk lebih sering melakukan kegiatan semacam door to door ini.

Harapan besarnya masyarakat semakin memahami pajak, ekonomi semakin tumbuh, pembayaran pajak meningkat, kepatuhan masyarakat meningkat dan Indonesia makmur, tentram dan sejahtera. (ril)

LAINNYA