Gambar_Langit

6,4 Skala Ritcher Guncang Bali Disela Sarapan Pagi

waktu baca 2 menit
Rabu, 22 Mar 2017 08:03 0 116 Admin Pelita

NUSA DUA,Pelita Sumsel-Gempa berkekuatan 6,4 Skala Ritcher mengguncang Denpasar, Bali, Rabu (22/3/2017). Gempa terjadi sekira pukul 06.10 WIB.

“Info Gempa Mag:6.4 SR, 22-Mar-17 06:10:27 WIB, Lok:8.88 LS,115.24 BT (23 km Tenggara DENPASAR-BALI), Kedlmn:117 Km ::BMKG,” demikian dikutip dari @infoBMKG.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, gempa tak berpotensi tsunami.Berdasarkan pantauan, meski terasa cukup kencang dengan membuat kaca-kaca jendela bergentar, masyarakat tidak terlalu panik. Seperti di Hotel Laguna, beberapa orang masih santai menikmati sarapan pagi.

Padahal, kawasan Laguna berada di pesisir pantai. Meski demikian, beberapa orang tampak melihat keluar jendela untuk mengamati keadaan sekitar.

dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shake map) menunjukkan bahwa wilayah selatan Bali seperti Kuta, Tabanan, Mataram mengalami guncangan dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau III-IV MMI.

“Kemudian Banyuwangi, Taliwang, Karangkates, Sawahan, dan Bima dengan skala intensitas I SIG-BMKG (II MMI). Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan oleh hampir semua orang di Provinsi Bali,” kata Sutopo dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan. 

Sutopo menyebut, di Kota Denpasar masyarakat merasakan guncangan kuat selama 5 detik. Masyarakat berhamburan keluar rumah dan ruangan. Kaca jendela bergetar, mobil bergoyang dan sebagian anak-anak menangis. Gempa dirasakan dua kali dengan guncangan kedua lebih keras.

Sementera itu, kata Sutopo, masyarakat di Kabupaten Badung, Tabanan, Klungkung, Gianyar, Karangasem, Singaraja, Bangli dan Buleleng juga merasakan guncangan gempa. Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat gempa bumi ini. BPBD masih melakukan pemantauan dampak gempa.

“Sumber gempa berasal dari pertemuan lempeng Hindia Australia dan Lempeng Eurasia. Gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi menengah di Zona Benioff, yaitu lajur lempeng tektonik yang sudah mulai menukik. BMKG melaporkan gempa susulan 3,9 SR,” tandasnya.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada informasi korban dari gempa yang terjadi.

sumber : okezone.com

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA